Waketum DPP Partai Hanura Buka Rapimda Jatim Di Batu

  • Whatsapp

BATU, beritalima.com – Wakil Ketua Umum DPP Partai Hanura, Gede Pasek Suardika, membuka Rapimda Partai Hanura Jatim di Klub Bunga Butik Resort, Kota Batu, Jatim, Rabu (8/2/2017).

Acara yang berlangsung hingga Kamis (9/2/2019) ini dihadiri pengurus DPP, DPD Jatim, Ketua dan Sekretais DPC se-Jatim, serta anggota DPRD Tk.I dan Tk.II Kabupaten/Kota dari Partai Hanura se-Jatim.

Ketua DPD Partai Hanura Jatim, H Kelana Aprilianto SE, mengatakan, banyak keinginan dan harapan yang harus dicapai pengurus daerah Partai Hanura di Jatim. Hanya saja, untuk bisa mencapainya diperlukan strategis khusus yang disiapkan secara matang.

“Kemenangan seorang caleg sangat ditentukan oleh strategi pemenangan yang disiapkan. Strategi jangan disusun dengan logika sederhana tanpa didukung data dan dana yang riil,” kata Kelana.

Kelana mencontohkan, strategi yang sering dilakukan caleg ialah mengeluarkan dana besar, tapi yang terjadi mendapat suara kecil. Selain itu, pemasangan baliho dan pembagian kartu nama juga sering dilakukan caleg. Namun, dari itu semua yang terpenting memahami karakter calon pemilih.

“Ada pula pembagian sembako tanpa menimbang target dan kebutuhan masyarakat. Dan banyak pula caleg yang masih mengandalkan nama keluarga atau pejabat tanpa memperhatikan tingkat kesukaan dan penerimaan masyarakat,” ungkapnya.

Dia juga menyoroti banyaknya caleg yang menggunakan lembaga survei untuk memuluskan duduk di lembaga legislatif tapi tidak ada jaminan dari lembaga survei tersebut.

Oleh karena itu, Kelana berharap pada Rapimda I ini bisa menjadi evaluasi dan ajang membangkitkan semangat juang DPD dan anggota DPRD dari Hanura sehingga Hanura makin dicintai masyarakat.

“Target kami Hanura bisa menjadi partai terbesar. Tapi untuk mencapai itu tak semudah membalikkan tangan. Harus membuat program yang matang sampai tingkat ranting,” tegasnya.

Kepada paserta Rapimda serta tamu undangan yang hadir, Kelana kembali menegaskan bahwa pihaknya menargetkan seluruh DPC Partai Hanura se Jatim lolos verifikasi. Karena pada pemilihan 2014 lalu masih ada 8 DPC yang tidak dapat kursi.

Dia juga menyebutkan DPC yang mendapatkan kursi, di antaranya Tulungagung 6 kursi, Banyuwangi 4 kursi, Surabaya 3 kursi, Bangkalan, dan Sampang, kota Malang, Jember, Nganjuk, Trenggalek, dan Pacitan.

“Lainnya dapat 2 dan 1 kursi. Makanya, Pemilu 2019 mendatang DPD Partai Hanura menargetkan 10 kursi untuk DPR, 20 kursi DPRD Jatim, dan 200 kursi DPRD Kabupaten/Kota,” tukasnya.

Sementara itu Wakil Ketua Umum Partai Hanura, Gede Pasek Suardika, dalam sambutannya mengatakan, seluruh jajaran pengurus DPD Partai Hanura Jatim dan DPC Partai Hanura se-Jatim diminta untuk menguatkan kelembagaan hingga ke anak ranting.

“Kalau Hanura ingin besar bikin dulu infrastrukturnya hingga ke anak ranting,” tegasnya.

Anggota DPD RI ini menandaskan, Hanura merupakan satu-satunya partai yang tidak ada gangguan dibanding partai lain yang mengalami perpecahan pasca Kongres.

“Kalau dari pusat bersatu dan melengkapi, maka kita tinggal berlari dan jangan menghabiskan waktu untuk perbedaan yang tidak perlu,” ujarnya.

Menurut Pasek, untuk memperkuat kelembagaan dibutuhkan konsolidasi. Dan Rapimda menjadi salah satu konsolidasi.

“Kami berencana usai pelantikan pada 22 Februari 2017 akan mengadakan Rapimnas untuk menata dan menajamkan, termasuk antisipasi UU penyelewengan Pemilu. Saat ini masih dibahas dengan melibatkan pemerintah, DPR, DPD,” ujar Pasek.

Pasek meyakini, di bawah kepengurusan baru ini Partai Hanura akan semakin solid, karena tiap-tiap wilayah sudah memiliki Ketua Wilayah pemenangan.

“Kalau dulu ketua pemenangan digabung. Misalnya Jatim jadi satu dengan Jabar dan Yogyakarta. Sekarang ketua wilayah berdiri sendiri,” jelasnya.

Rapimda I ini juga dihadiri Pasangan Calon (Paslon) Walikota-Wakil Walikota Batu yang diusung Partai Hanura Jatim, H Rudi – Sujono Juned (Ruso). Paslon ini akan maju ke Pilwali Batu tanggal 15 Pebruari 2017 nanti.

Selain itu, dalam Rapimda ini akan dilakukan sosialisasi verifikasi internal struktural kepengurusan partai dari DPC, PAC dan Ranting. (Ganefo)

Teks Foto: Wakil Ketua Umum DPP Partai Hanura, Gede Pasek Suardika (2 dari kanan) bersama pengurus DPD Jatim di acara pembukaan Rapimda I Jatim di Kota Batu, Rabu (8/2/2017).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *