Partai Buruh Papua Dukung Pemilu Berjalan Aman, Damai dan Sejuk. KPU Diharap Profesional

  • Whatsapp

JAYAPURA – Tahapan Pemilu Legislatif 2024 kini memasuki proses verifikasi atas pengajuan pengganti calon sementara anggota DPR, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pasca masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS (Daftar Calon Sementara), berbagai pihak berharap KPU selaku penyelenggara Pemilu dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Salahsatunya disampaikan ketua DPD Partai Buruh Provinsi Papua Ramses Felle kepada awak media, Rabu (27/9/2023).

“Kami dari DPD Partai Buruh Papua mengaharapkan saat penetapan DCT (Daftar Calon Tetap, red) nanti pada tanggal 4 November 2023, KPU selaku pihak penyelenggara dapat menjalankan tugas dengan profesional dan proporsional, karena masa penetapan DCT merupakan salah satu tahapan Pemilu yang sangat berpotensi menimbulkan banyak dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP),”tegas Ramses.

Pihaknya juga meminta KPU betul-betul selektif atas berkas para calon, baik ijazah hingga riwayat hukum atau catatan hukum para bakal calon jika pernah tersandung kasus Pidana.

“Saya minta KPU harus benar-benar jeli dan teliti untuk memperhatikan penulisan nama calon, keabsahan ijazah, hingga calon yang menggunakan foto editan kemudian bakal calon yang pernah terjerat dengan kasus tindak pidana. Yang jelas KPU harus bisa menegakkan aturan yang berlaku. KPU juga harus benar-benar netral,”ucapnya.

Dia juga berharap Pemilu serentak 2024 baik Pileg, Pilkada maupun Pilpres dapat berjalan dengan aman, damai dan sejuk. Masyarakat juga dihimbau cermat menentukan pilihannya.

“Mari kita dukung Pemilu serentak di Papua maupun tiga DOB lain ini bisa berjalan aman, dan damai serta nantinya dapat menghasilkan anggota legislatif yang profesional dan tentu betul-betul menjadi wakil rakyat yang amanah. Karena pilihan kita nanti menentukan kemajuan Papua lima tahun kedepan. Oleh karena itu juga saya himbau kepada seluruh masyarakat tidak Golput,”katanya.

Untuk diketahui, Partai Buruh merupakan salah satu Partai Politik baru yang berperan penting dalam kancah politik Indonesia. Hingga saat ini Partai Buruh telah memiliki perwakilan daerah di 34 Provinsi, 514 perwakilan tingkat kabupaten/kota dan lebih dari 6000 perwakilan di tingkat kecamatan.

Pada tanggal 14 Desember 2022 Partai Buruh telah resmi dinyatakan lolos ikut serta dalam Pemilu 2024 oleh KPU dan untuk Provinsi Papua sendiri Partai Buruh telah mendaftarkan 45 bakal calon legislatif DPRP Provinsi Papua di 7 Dapil dan sudah terdaftar dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait