Pasar Cinde Bagian Sejarah Kota Palembang

oleh -276 views

Palembang, beritaLima – Pasar Cinde Plaza Palembang sebelum direnovasi. Pasar Cinde Plaza Palembang, merupakan salah satu tempat yang identik dengan Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Bangunan bersejarah itu akan direnovasi dan ditata supaya menjadi tempat wisata bagi masyarakat kota palembang.

www.beritalima.com

Gubernur Sumatera Selatan. H. Alex Noerdin. di Palembang, Rabu 6/6/2018. mengatakan, pasar tersebut punya kenangan tersendiri. Sehingga penataannya pun akan dilakukan sedemikian rupa tanpa meninggalkan keasliannya.

H. Alex Noedin. menambahkan, pasar yang dibangun Aldiron Plaza, itu memiliki ciri khas tersendiri yakni tiang cendawan, namun keberadaanya sudah tidak layak lagi. Tiang khas itu tetap dipertahankan dan akan diperkuat lagi supaya dapat bertahan lama.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu pasar yang terdiri atas 14 lantai itu terintegrasi dengan stasiun kereta api ringan sehingga semakin mudah untuk dikunjungi masyarakat sunatera selatan khusus nya kota palembang.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Disekitar pasar tersebut terdapat makam Raja Palembang dan itu akan ditata pihak Aldiron Plaza.

“Jadi pasar modern yang memiliki sejarah tersebut akan menjadi tempat wisata sejarah dan riligi,” ujar Gubernur sumatera selatan, H. Alex Noerdin.

Penataan tidak akan menghilangkan Sejarah dipasar Cinde.
Sementara pemilik Aldiron Plaza, Aldrin mengatakan, pihaknya akan menata makam yang terdapat di belakang pasar Cinde Plaza tersebut agar semakin rapi. Hal ini karena makam tersebut penuh sejarah sehingga masyarakat semakin nyaman saat berziarah ke makam tersebut.

Dia mengatakan, dikutip dari Antara, tiang cendawan Pasar Cinde Plaza akan dipertahankan sehingga masyarakat dapat mengenang pasar tradisional tersebut. Begitu juga bangunan lama. Ada yang dipertahankan dan hanya direnovasi supaya dapat bertahan lama.
( Nn ) www.beritalima.com

www.beritalima.com