beritalima.com

Pasar Wage Gresik, Ribuan Pedagang dan Pembeli Berjubel Tanpa Masker

  • Whatsapp

GRESIK, beritalima.com | Imbauan Pemerintah Daerah agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 banyak diabaikan. Ini diantaranya terlihat di Pasar Wage di Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

beritalima.com

Pasar yang lokasinya berada di antara tiga Desa Kalirejo dan Dukunanyar serta Sembuanyar ini tetap buka dan selalu ramai tanpa menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Tidak hanya berjubel, ribuan pedagang dan pembeli di pasar ini juga banyak yang tidak memakai masker.

Kegagalan Gerakan Jatim Bermasker yang dicanangkan Pemrov Jatim sangat tampak di pasar ini, seperti yang terlihat Minggu (12/7/2020). Ribuan pedagang dan pembeli, baik warga Gresik maupun yang datang dari Lamongan, banyak yang tidak khawatir tertular Covid-19.

Padahal, menurut sumber yang layak dipercaya, seorang warga Desa Dukunanyar telah meninggal dunia dengan pernyataan positif Covid-19. Juga seorang warga desa lain di kecamatan yang sama, ada yang bernasib sama.

Tidak hanya berjubel dan banyaknya yang tidak bermasker, tidak sedikit pula pedagang yang menggelar barang dagangannya di badan jalan. Sehingga, fasilitas umum untuk kelancaran dan keleluasaan pengunjung pasar sangat terganggu. Dus menambah pemandangan semrawut.

Tidak ada upaya pengaturan protokol social distancing. Atas kondisi pasar seperti ini, warga desa hanya bisa membicarakan soal upaya serius pemerintah melindungi warga yang sehat supaya tidak tertular Covid-19.

“Sebenarnya warga juga takut. Tapi tidak bisa berbuat apa-apa,” ujar warga setempat. Menurutnya, Pasar Warge buka mulai pagi sampai siang hari. Mulai jam 5.30 sudah ramai sampai jam 13.00. Bahkan setiap sore jam 16.00 sampai 20.00 juga rame.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, ketika dikonfirmasi mengatakan, semua regulasi dan tindakan penanggulangan Covid-19 ada pada tingkat kabupaten dan kota. Sementara Pemprov Jatim hanya mengimbau dan menganjurkan supaya melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Saya koordinasi ulang temuan (kondisi Pasar Wage Dukun Gresik) seperti ini,” ujar Khofifah. (Ganefo)

Teks Foto: Suasana Pasar Wage di Kecamatan Dukun, Gresik, Minggu (12/7/2020). Ribuan penjual dan pembeli berjubel, banyak yang tanpa masker.

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait