Pastikan Kesehatan Jama’ah Haji, Orang Nomor Dua BPK Tinjau Langsung ke Lokasi

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Wakil Ketua BPK RI, Prof. DR. Bahrullah Akbar terus memastikan keselamatan dan kesehatan para jamaah haji dengan memantau langsung bersama rombongan. Orang Nomor Dua di BPK itu memantau evakuasi jamaah haji yang sakit dalam pelaksanaan haji di Mekkah. Evakuasi seluruh pasien wajib dikarenakan untuk ibadah haji wukuf di Arafah.

Dalam kunjungannya, Orang Nomor Dua di BPK yang juga Guru Besar IPDN itu didampingi jajaran BPK melihat langsung pelayanan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Dalam keterangannya, Bahrullah mengatakan, Fasilitas rawat inap sebanyak 112 tempat tidur terdiri untuk rawat inap pria sebanyak 60 tempat tidur dan untuk rawat inap wanita 52 tempat tidur.

“Disamping itu ada juga ruang psikiatri (untuk merawat pasien jiwa-red) sebanyak 28 tempat tidur,” jelas Bahrullah, seraya menambahkan, fasilitas UGD sebanyak 24 tempat tidur dengan pelayanan IGD 10 tempat tidur dan 14 tempat tidur untuk observasi dan Rata – rata pasien per hari sebanyak 130 orang.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja para dokter dan para medis yang dengan sabar melayani jamaah yang usianya diatas 70 tahun,” puji Bahrullah.

Lebih rinci Bahrullah menuturkan, permasalahan kesehatan umumnya dehidrasi, disorientasi psikis dan kelelahan. “Selain penyakit bawaan sejak di tanah air, seperti jantung,” pungkasnya.

Dalam Kunjungannya, Wakil Ketua BPK didampingi Anggota BPK VI Harry Azhar Azis, Auditor Utama (Tortama) AKN VI Dori Santosa, Sekjen Kemenkes dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes dan Irjen Kemenkes drg. Oscar Primadi, MHP, Kepala badan ppsdm drg. Usman Sumantri, M.Sc, Kepala biro keuangan dan BMN Drs. Setyo Budi Hartono, MM, Panglima Besar KKHI Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc, Direktur KKHI Mekkah dr. Nirwan S.Sp.An

Dalam kesempatan tersebut, Dori menyempatkan berbincang-bincang dalam bahasa Jawa dengan pasien yang tidak berbahasa Indonesia, orang tua yang tidak disertai saudaranya sama sekali. (Red).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *