Peduli, Menteri Edhy Beri Bantuan untuk Tambak Udang di Sumatera Selatan

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | Sebagai bentuk komitmen dan peduli Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (KKP) menyalurkan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kepada pelaku usaha perikanan budidaya di Provinsi Sumatera Selatan. Jumlah bantuan tersebut sebesar Rp 86,83 miliar dalam bentuk benih dan induk ikan, pakan mandiri, paket bantuan minapadi, paket bantuan bioflok serta bantuan sarana dan prasarana budidaya.

“Kunci dari apa yang diproduksi adalah pemasaran, sehingga keberadaan pasar ikan modern turut berperan dalam mendekatkan produk perikanan baik tangkap maupun hasil budidaya kepada masyarakat dalam kondisi segar dan aman,” ujar Edhy dalam keterangan tertulis, Senin (9/11/2020).

Sebagaimana diketahui, kawasan pesisir timur Sumatera Selatan hingga ke Lampung memiliki potensi tambak udang yang tinggi. Namun terkendala jauhnya jarak dengan lokasi unit pembenihan. KKP sendiri sudah menyiapkan rencana pembangunan hatchery di daerah Pulau Maspari yang akan dimulai tahun depan.

Langkah ini agar bisa menberi pasokan benih udang berkualitas kepada pembudidaya di pesisir timur Sumatera hingga ke Bangka Belitung. “Tambak udang merupakan salah satu solusi ekonomi kita. Jika diterapkan di masyarakat dapat kita sampaikan bahwa sudah ada lapangan pekerjaan dan kekuatan ekonomi baru yang lahir di Indonesia yaitu di sektor kelautan dan perikanan” imbuh Edhy.

Nelayan mengolah ikan asin di Muara Angke, Jakarta, Minggu (8/11/2020). Pandemi Covid-19 dan masuknya musim penghujan di Jakarta menyebabkan permintaan sekaligus produksi ikan asin di Muara Angke merosot hingga 50 persen. (merdeka.com/Iqbal Septian Nugroho)

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto menambahkan, pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong peningkatan kapasitas perekonomian di daerah, terutama yang memiliki potensi tinggi seperti di Sumatera Selatan. Selain itu, guna mendukung program pemulihan ekonomi nasional, KKP juga berusaha secara maksimal untuk menyalurkan sebanyak mungkin program bantuan yang ada.

“Berbagai program bantuan yang disalurkan diharapkan dapat berkontribusi menumbuhkan perikanan budidaya sekaligus kesejahteraan masyarakat. Teknologi dan pengetahuan yang dimiliki oleh KKP harus dapat menjangkau masyarakat luas agar dapat diimplementasikan dan direplikasi sebanyak mungkin agar akuakultur dapat menjadi andalan nasional,” jelas Slamet.

Slamet juga menegaskan, melalui peningkatan produksi perikanan budidaya, pemerintah terus berupaya menjaga ketersediaan dan kecukupan pangan di masyarakat. “Dengan tercukupinya kebutuhan masyarakat akan pangan turut menjaga stabilitas harga sehingga kesejahteraan yang merata dapat tercapai,” pungkas Slamet.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait