Pelajar Korsel Belajar Bikin Putu di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya

  • Whatsapp
Para pelajar dari Korsel saat belajar membuat putu di SMP Muhammadiyah 5 Pucang, Surabaya, Selasa (15/1/2019).

SURABAYA, beritalima.com – Belasan pelajar asal Daejeo Junior Busan Metropolitan Korea Selatan (Korsel) tampak senang saat berada di SMP Muhammadiyah 5 Pucang, Surabaya. Mereka para siswa yang mengikuti program pertukaran pelajar antar negara.

Mereka langsung disuguhi 2 unit tempat pembuatan sekaligus penjualan kue putu lengkap dengan adonan tepung beras, kacang hijau dan cetakan bambu untuk membuat jajanan tradisional itu.

Dengan memakai atribut sarung dan blangkon khas Jawa, pelajar Korsel langsung berkerumun di tempat itu. Mereka nampak serius mengikuti arahan sambil menakar adonan jajanan putu ke dalam bambu-bambu kecil.

Guru mata pelajaran prakarya SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, Wahdatul Ummah, mengatakan, tujuan pertukaran pelajar agar pelajar saling mengenal tentang budaya, termasuk kuliner lokal.

“Jajanan putu ini kan makanan khas tradisional Jawa Timur, khususnya Surabaya, makanya kita kenalkan dalam kegiatan ini,” ujarnya, Selasa (15/1/2019).

Sementara Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, Muslikan, mengatakan, dengan belajar membuat kue putu bersama, para pelajar Indonesia dan Korsel ini diharap dapat memahami sejarah kuliner Asia, dan Jawa.

“Di dalamnya terkandung makna persamaan dan kesatuan satu benua Asia dari sisi kuliner. Salah satunya melalui kue dari tepung beras yang dicetak menggunakan bambu,” kata Muslikan. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *