Pelatihan Peningkatan Produksi Peternakan, Hibah Kambing Bergulir

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- paya untuk meningkatkan taraf perekonomian warga terus dilakukan, berbagai program dan gagasan untuk tetap berinovasi di masa pandemi agar tidak ketinggalan dengan daerah lain.

Pemerintah Desa Tenggarejo, Kecamatan Tanggung Gungung, Kabupaten Tulungagung mengadakan Pelatihan, dengan tema “Pelatihan Peningkatan Produksi Peternakan Kambing” yang diselenggarakan di balai Desa, Rabu (24/02/2021).

Bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan instansi terkait,Pelatihan diharapkan dapat menambah wawasan,pola fikir yang modern dan pemahaman kepada warga.

Soni Sugiantoro Kasi SDM dan Kelembagaan menjelaskan,”program ini yang membuat pihak Desa,kami dari Dinas Peternakan sebagai narasumber memberi pelatihan untuk budidaya ternak dan peningkatan produksi kambing.

“Rencananya warga akan mendapat bantuan kambing secara bertahap dan bergulir,sehingga kami memberi wawasan dan ilmu.Wawasan tentang cara perawatan,memberi makan, dan pemasarannya.Memotivasi warga supaya beternak kambing bukan hanya pekerjaan sampingan,namun sebagai mata pencaharian.”

“jika dikembangkan dengan baik,diberi makan yang baik dengan hasil fermentasi yang bagus,kandang yang nyaman bagi ternak,manajemen dan perawatan yang baik,hasilnya memuaskan.”

Program Pelatihan Peningkatan Produksi ini bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) 2021,dan dihibahkan kepada warga untuk dikelola secara bergulir.

Kades Mudjito menuturkan,”Kami percaya bahwa hibah kambing ini akan berkembang dan bisa menghasilkan ternak yang baik dan unggul,warga mampu mengelola dengan baik dan maksimal.Sehingga tercipta kesetaraan ekonomi yang bagus,terutama peningkatan taraf hidup yang layak,”tambahnya.

Sekdes Suwandi menjelaskan,” Kami selaku Pemdes memberikan hibah kambing ke warga dan akan dikelola secara bergulir, sebanyak 20 ekor dibagi untuk lima Dusun,setiap Dusun akan mendapat empat ekor kambing.satu ekor kambing dikelola dua orang,sehingga ada empat kelompok di setiap Dusun.”

“Sistemnya,jika induk sudah beranak,induknya akan digulirkan ke warga lainnya,begitu seterusnya selama kambing masih ada dan produktif.”

Harapannya,”setelah mendapat bantuan kambing,bisa meningkatkan ekonomi dan taraf hidup warga,dan pakan disini masih sangat luar biasa banyaknya,” pungkasnya.(Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait