Pelayanan Publik di Jakarta makin Asyik, Inovasi Layanan Hadir di Ruang Publik

  • Whatsapp
PTSP Goes to Mall Kembali Hadir di AEON Mall Jakarta Garden City pada Jumat s.d Minggu, 22-24 November 2019

JAKARTA, beritalima.com | Menghadirkan Pelayanan Publik yang prima dewasa ini telah menjadi fokus Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan terus berupaya memberikan kemudahan dan pendekatan layanan melalui komitmen amanah, dedikasi sepenuh hati menghadirkan inovasi tiada henti, salah satunya inovasi layanan PTSP Goes To Mall yaitu Penyelenggaraan PTSP pada ruang publik dengan melakukan sinergi antara pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat. PTSP merupakan singkatan dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu yaitu pelayanan perizinan dan non perizinan mulai dari pengajuan berkas sampai dengan penerbitan izin dan non izin yang diselenggarakan pada satu tempat melalui sistem satu pintu.

Dalam perjalanannya, inovasi layanan PTSP Goes To Mall terus dikembangkan bukan hanya di pusat perbelanjaan atau mall, melainkan juga dilaksanakan di tempat-tempat pusat kegiatan masyarakat lainnya, seperti Pusat Perkantoran, Pasar, Rumah Sakit, Taman, RPTRA, Sekolah, Kampus hingga Pelayanan Terpadu Keliling Kampung Kota yang secara langsung hadir di lingkungan warga.

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengatakan kegiatan PTSP Goes to Mall merupakan salah satu inovasi layanan yang cukup diminati warga Ibukota dan efektif dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya memiliki legalitas sebelum melakukan kegiatan usaha, penataan ruang, pembangunan, dan praktik perorangan.

“Inovasi layanan PTSP Goes to Mall yang telah berjalan selama dua tahun terakhir ini, sangat diminati oleh warga Ibukota dan terbukti mampu meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya memiliki izin dan mengurus perizinan secara mandiri karena urus izin sendiri itu mudah” ujar Benni dalam keterangan tertulisnya, Jumat, (22/11/2019)

Benni menambahkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk terus bisa amanah, bekerja dengan sepenuh hati, sehingga bisa tuntas dalam melayani semua kebutuhan dasar dan kebutuhan hak sipil dari warga yang ada di Jakarta akan hadirnya penyelenggaraan pelayanan publik yang prima.

“kita ingin warga negara yang berada di Jakarta merasakan manfaat, merasakan kehadiran kita dalam arti yang positif. Sehingga harapan warga Jakarta untuk mendapatkan penyelenggaraan pelayanan publik yang baik, yang prima akan terwujud dan DKI Jakarta dapat menjadi contoh bagi kota lain di Indonesia, Maju Kotanya Bahagia Warganya” ujar Benni.
Lebih dari 1000 kegiatan Penyelenggaraan PTSP Pada Ruang Publik, digelar

Benni menyebutkan lebih dari 1.000 kegiatan penyelenggaraan PTSP Pada ruang publik digelar pada tahun 2019 ini. Jumlah ini meningkat tiga kali lipat dibanding tahun 2018 lalu yaitu sebanyak 317 kegiatan. PTSP Goes To Mall telah berhasil meraih Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

“total ada 1.084 Kegiatan Penyelenggaraan PTSP pada ruang publik dilaksanakan pada tahun 2019 ini sampai dengan bulan November, yang menarik dari kegiatan ini adalah kami mengutamakan sinergi dengan pihak swasta dan masyarakat serta telah berhasil meraih TOP 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik dari KemenPANRB” ujar Benni.

Benni merinci jumlah kegiatan Penyelenggaraan PTSP pada ruang publik yaitu di wilayah Jakarta Barat sebanyak 296 kegiatan; Jakarta Pusat sebanyak 255 kegiatan; Jakarta Timur sebanyak 229 kegiatan; Jakarta Utara sebanyak 172 kegiatan; dan Jakarta Selatan sebanyak 132 kegiatan.

“Penyelenggaraan PTSP pada ruang publik juga diselenggarakan rutin pada tempat-tempat tertentu diantaranya PTSP Goes To Mall Blok M Square dan PTSP Goes To Mall Bella Tera Kelapa Gading dilaksanakan setiap hari kerja, di Lapangan Banteng setiap hari Kamis, di TPU Pondok Kelapa setiap hari Rabu, dan di TPU Malaka setiap hari Senin” ujar Benni.

Pada bulan November ini, warga Ibukota dapat mengunjungi PTSP Goes To Mall Akhir Pekan mulai pukul 10.00 s.d. 21.00 yang diselenggarakan di Lantai Dasar, AEON Mall Jakarta Garden City pada tanggal 22 s.d. 24 November 2019.
Berkarya, Melayani dan Menyatukan Bangsa

Ditemui di PTSP Goes To Mall AEON Mall Jakarta Garden City, Kepala Unit Pelaksana (UP) PTSP Kota Administrasi Jakarta Timur, Desti Ernaningsih menyampaikan kehadiran PTSP Goes to Mall di AEON Mall Jakarta Garden City Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tahun 2019.

“kami hadir dengan menggunakan seragam PDH ASN Pemprov.DKI Jakarta dalam rangka memperingati HUT Korpri, sekaligus menyampaikan pesan bahwa ASN sebagai anggota Korpri senantiasa Berkarya, Melayani, dan Menyatukan Bangsa”

Desti menambahkan kehadiran PTSP Goes To Mall merupakan cara Pemprov. DKI Jakarta untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap penyelenggara pelayanan publik sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Kepercayaan publik terhadap penyelenggara pelayanan publik merupakan amanat Undang Undang yang harus terus dibangun, salah satunya dengan hadir di tengah-tengah pusat kegiatan masyarakat dengan melayani bahkan disaat akhir pekan, kami tetap bekerja memberikan pelayanan nyata” ujar Desti.

Desti menambahkan pengunjung dan pemilik tenant dapat melakukan konsultasi dan asistensi terkait pengurusan perizinan dan non perizinan di wilayah DKI Jakarta, total lebih dari 269 Jenis Perizinan dan Nonperizinan kewenangan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dapat dikonsultasikan dan diajukan pada booth PTSP Goes to Mall AEON Mall Jakarta Garden City

“Kami menerima konsultansi dan pengajuan perizinan dan nonperizinan bukan saja untuk wilayah Jakarta Timur, namun juga seluruh wilayah di DKI Jakarta. Serta kami menyediakan sarana untuk menyampaikan saran dan keluhan terkait pelayanan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta guna mendukung terwujudnya pelayanan publik yang prima di Jakarta” ujar Desti.

Desti menambahkan Adapun layanan terbanyak yang dikonsultasikan oleh pengunjung adalah seputar perizinan usaha mikro dan kecil, perizinan penataan ruang, Kerangka Rencana Kota dan perizinan pembangunan, Izin Mendirikan Bangunan peruntukan Rumah Tinggal.
Pemerintah Pemimpin Kemajuan Revolusi 4.0

Kepala Bidang Pengaduan dan Komunikasi Masyarakat, Maryanta menuturkan PTSP Goes to Mall merupakan program berbasis kebutuhan masyarakat yang saat ini semakin menuntut keterbukaan informasi serta percepatan layanan.

“Pemerintah harus menjadi pemimpin kemajuan era revolusi 4.0 hal tersebut harus dimulai dengan inovasi layanan yang semakin efektif, penerapan kebijakan yang sejalan dengan perkembangan zaman dan tentunya mengedepankan efektifitas serta percepatan layanan seperti yang kita lakukan melalui program PTSP Goes to Mall,” ujar Maryanta.

Dirinya menyebutkan keuntungan warga atau pelaku usaha dari mengikuti kegiatan ini adalah dapat mengetahui inovasi dan jenis- jenis layanan terbaru dari DPMPTSP yang dijelaskan langsung oleh petugas PTSP, tidak perlu melakukan antrean online, dapat mengurus izin dan non izin secara langsung di tempat atau walk in serta membawa pulang souvenir menarik dari DPMPTSP.

“Kami mengerti padatnya aktifitas warga pada hari kerja dan tingginya mobilitas warga. Namun, di akhir pekan ini manfaatkan waktu Anda untuk berkonsultasi mengenai perizinan dan urus izin sendiri di PTSP Goes to Mall AEON Mall Jakarta Garden City mulai pukul 10.00 hingga 21.00. Ajak pula anak- anak Anda ke booth pelayanan untuk sekaligus mengedukasi mereka tentang pentingnya memiliki izin sebelum melakukan suatu hal atau aktifitas, ada maskot Bang SOleh dan Mpok LUSI yang akan mengajak mereka bermain dan berbagi souvenir menarik,” tandas Maryanta.
Diapresiasi

Sementara itu General Manager Mall Operation AEON Mall Jakarta Garden City, Sri Prayogio mengapresiasi dan mendukung Kegiatan PTSP Goes To Mall yang telah dilaksanakan setiap tahunnya di AEON Mall Jakarta Garden City.

“Kami sangat mendukung adanya PTSP Goes To Mall di AEON Mall Jakarta Garden City” ujar Prayogio

Prayogio menambahkan bukan saja pemilik tenant atau pihak swasta, tapi masyarakat dan seluruh pengunjung mal pun dapat merasakan kemudahan pengurusan perizinan dan non perizinan di wilayah DKI Jakarta

“Bukan hanya pihak swasta, tetapi juga masyarakat dan seluruh pengunjung dapat dipermudah untuk mengurus perizinan kerena urus izin sendiri itu mudah” kata Prayogio.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *