Pembukaan Kegiatan Bakthi TMMD Ke-97 Tahun 2016 Di Kampung WRI Kapal Kabupaten Fak-Fak Provinsi Papua Barat

  • Whatsapp

Fakfak,beritalima – Kampung Wrikapal dalam bahasa Fakfak (IHA)yang artinya Rumah Kapal adalah Rumah yang menampung orang . Salah satu kampung yang terletak di distrik Fakfak bagian utara yang berbatasan dengan distrik kramamongga ditetapkan sebagai tempat pelaksanaan TMMD (Tentara Manunggal Masuk Desa)ke-97 tahun 2016.. Cuaca kota Fakfak  pada umumnya nampak cerah terlihat dari sinar mentari yang memancarkan cahayanya,  menghangatkan kota perjuangan yang dijuluki sebagai  kota pala sesuai dengan lambang daerahnya yaitu buah pala, karena kota ini hampir sebagian besar ditumbuhi pohon-pohon pala yang merupakan komoditas unggulan daerah Fakfak. Disamping pohon pala terdapat juga tanaman  seperti ,”pohon rambutan,nenas,langsat, durian,cengkeh,alfukat,mangga,sukun,nagka,pisang,jeruk dan sayur mayur yang tumbuh subur  didalam kota.  Begitu pula terdapat berbagai jenis burung antara lain,”burung kuning(cenderawasih), burung kaka tua,burung nuri,burung elang,burung Mambruk,burung gagak,burung taun-taun. Yang selalu  menghiasi kota pala Fakfak  serta  suara kicauan burung  yang  memberikan hiburan disaat mentari pagi bersinar  memberikan kesejukan, kenyamanan dan keindahan tersendiri disaat pagi dan petang. hewan dan tumbuhan merupakan aset daerah Fakfak yang selalu dicari wisatawan dan semua orang yang berkunjung di kota ini,  ketika mereka  berkunjung mereka akan  membawa pulang oleh-oleh buat keluarga salah satunya (Manisan Buah Pala).

kegiatan

Kegiatan pembukaan pada Selasa siang (20/9) Pukul 9.00.Wit   diawali dengan sambutanWakil Bupati Fakfak ,AbrahamSopaheluwakan MS.i  yang dihadiri oleh 30 personil batalion Yonif 751 sorong ,20 Anggota kodim Fakfak 1706,Pimpinan SKPD,SEKDA,BUMN,BUMD,Personil TNI,Polri,Pelajar SMA,Mahasiswa,Anggota FKPPI serta seluruhwarga masyarakat Wri kapal yang jumlahnya 200 orang.  Setelah dilangsungkan pembukaan Wakil Bupati Fakfak meninjau langsung kelokasih sasaran yang akan dibangun  meliputi,” jalan setapak,membangun bak air minum,dan satu gedung balai kampung.Di rencanakan bakthi TMMD berjalan selama 30 hari kerja,mulai sampai tanggal ,”30 september sampai dengan 20 ,” Oktober  dan sekaligus  menyerahkan alat kerja berupa skop dan pacul  selanjutnya akan digunakan sebagai alat kerja untuk membangun.  Beberapa kegiatan fisik yang sudah direncanakan,  dalam kesempatan ini  sambutan Wakil Bupati  Fakfak  menguraikan secara jelas,  program prioritas Pemda Kabupaten Fakfak yang dimaksudkan  dengan kegiatan bakti TMMD  yaitu program  pada pembangunan kampung bercahaya, pada  dasarnya adalah setiap kampung dapat dibangun dari berbagai fasilitas dan sarana ifrastruktur kampung. Baik sarana  maupun prasarana perekonomian , sosial budaya yang inplementasinya berdasarkan peraturan Bupati No.17 tahun 2016 tentang pembangunan kampung ideal kabupaten Fakfak 2016/2021 maka kampung yang ideal terpilih dalam pelaksanaan gerbang kaca 2017 sebanyak 35 kampung.

Sehingga tahun-tahun  berikutnya 142 kampung dapat diselesaikan , tahun  2021 semua SKPD diwajibkan memotret kampung-kampung sasaran sesuai Tupoksi dan membuat program kerja  dikampung tersebut yang mulai tahun 2017. Untuk melaksanakan program tersebut pemerintah daerah tentunya tidak bisa berjalan sendiri melainkan harus membutuhkan partisipasi dan  dukungan seluruh komponen masyarakat termasuk unsur,TNI dan Polri yang berada di kabupaten Fakfak.Ujar Abraham.Sopaheluwakan.

Banyak kegunaan yang bisa diambil dari program TMMD baik program pembangunan fisik maupun  non fisik yaitu disamping dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kampung. Misalnya antara lain  dapat  menambah semangat  gotong royong  dan  menumbuhkan rasa memiliki  hasil-hasil pembangunan kampung,

serta  meningkatkan persatuan dan kesatuan  wawasan kebangsaan dan cinta tanah Air oleh karena itu, saya menyambut baik  dan memberi apresiasi  serta menyampaikan terimakasih  kepada Bpk Dandim 1706 Letkol.inf.Andi gus  beserta seluruh personil TNI ,polri serta seluruh SKPD dan kompenen BUMD/BUMN,Organisasi, yang lainnya atas keterlibatannya mendukung pelaksanaan TMMD ke-97 tahun 2016 ini dikampung Wrikapal Distrik Fakfak.

Saya berharap program TMMD ditahun-tahun mendatang hendaknya tetap dilaksanakan atau dilanjutkan  dalam rangka percepatan  pembangunan guna mewujutkan kesejahteraan rakyat, sehingga  pemerintah pusat ,pemerintah propinsi Papua Barat dan pemerintah kabupaten Fakfak pada tahun 2016 ini telah menurunkan dana  Desa  ke kampung sebagai berikut.Tandas Wakil  Bupati Fakfak Ir. Abraham Sopaheluwakan MS.i

I.Dana Desa sebesar .89 Milyar 688.692 ribu dari sumber dana APBD dana Provinsi Papua Barat.16 Milyard 700 juta dari APBD Provinsi alokasih dana kampung (ADK) SEBESAR 45 Milyard 105 juta251 ribu 778 bersumber dari APBD kabupaten Fakfak, sedangkan untuk kampung Wrikapal tahun 2016  keseluruhan dana yang turun kekampung sebesar 1 Milyard 600.69 Juta.691 ribu 200 Rp.

Terdiri dari dana desa  berdasar dari APBN sebesar 659 juta 57600.500 Rp, dana respek yang bersumber dari dana APBD Prvinsi Papua Barat sebesar 100 Juta. Alokasih dana kampung dari APBD kabupaten Fakfak sebesar 406 juta 116 ribu 700 Rp sehubungan dengan begitu besar nilai dana yang turun kekampung .Maka Wakil Bupati Fakfak mengharapkan kerjasama antar pemerintah kampung dengan segenap komponen masyarakat yang ada dikampung wrikapal untuk dapat mengelola dana kampung secara demokratis.Jelas Abraham.

Trasparan dan akuntabel melalui program-program pembangunan yang realistis sekaligus mengawali pelaksanaan serta kebutuhan masyarakat dalam pelaksanaan TMMD. Tahun 2016 dikampung wrikapal kegiatannya antara lain,”pembangunan balai kampung,pembangunan jalan setapak,rehab bak air, dan kegiatan-kegiatan penyuluhan lainnya oleh karena itu diminta kepada pemerintah kampung wrikapal beserta masyaratnya agar pertama.

Dapat mendukung dan terlibat langsung dalam mensukseskanTMMD ke-96 tahun 2016 dengan semangat yang tinggi  dengan componen yang lain .sambut personil TNI,Polri,dan Apratur Sipil Negara dan componen yang lainnya.Di tugaskan  dikampung  dengan senyum dan sapa yang baik apabilah memerlukan bantuan wajib dibantu dalam melaksanakan tugas yang mulia yaitu turut membangun kampung ,untuk  kita  dan tidak boleh menjadi penonton.Pungkas Ir.Abraham Sopaheluwakan.MS.i

Kepada segenap personil TNI dan Polri,HSN dan componen lainnya yang terlibat dalam pelaksanaannya TMMD dikampung Wrikapal. Saya menyampaikan selamat bekerja dan selamat melaksanakan tugas Dandim Letkol.inf.Adi gus Wulandri.S.ip.mengatakan TMMD dapat dipandang dari dua segi,yaknipertama secara subtansial TMMD. Yang merupakan thesis keterlibatan TNI dalam merancang pembangunan kampung  dari sisi  atau merupakan lompatan metodologi pembangunan,yang mengacu kepada kesederhanaan,kebersamaan dan kordinasi .(Amatus.Rahakbauw)

 

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *