Pemda Touna Gelar Pertemuan Penguatan Advokasi Pokjanal Posyandu

  • Whatsapp

TOUNA -Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Dr.Sovianur Kure,.SE, M.Si selaku Ketua Tim Kelompok Kerja Pokjanal Posyandu Kabupaten Tojo Una-Una membuka secara resmi Pertemuan Penguatan Dan Advokasi Pokjanal Posyandu Tingkat Kabupaten Tojo Una-Una Tahun Anggaran 2023. Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati, Senin (12/06/2023).

Pada kesempatan tersebut, Sekda Sovianur Kure didampingi Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Tojo Una-Una Jafanet Alfari, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tojo Una-Una Alimudin Muhammad, Sekretaris Bapperida Kabupaten Tojo Una-Una Amin Bustamin, serta Perwira Penghubung Kodim 1307 Poso di Tojo Una-Una Kapten Infanteri Asrar.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Tojo Una-Una Jafanet Alfari dalam laporannya mengatakan bahwa menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2007, Pokjanal Posyandu (Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu) adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan/pengelolaan Posyandu yang berkedudukan di Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan,”kata Kadis Kesehatan Jafanet Alfari.

Jafanet katakan, pokja Posyandu adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan/pengelolaan Posyandu yang berkedudukan di Desa.

Adapun fungsi Pokjanal Posyandu yaitu:

1. Penyaluran aspirasi masyarakat dalam pengembangan Posyandu

2. Pelaksanaan kebijakan Pemerintah dalam pembinaan Posyandu.

3. Pengkoordinasian pelaksanaan program yang berkaitan dengan pengembangan Posyandu.

4. Peningkatan kualitas pelayanan Posyandu kepada masyarakat.

5. Pengembangan kemitraan dalam pembinaan Posyandu.

“Jumlah posyandu aktif di Kabupaten Tojo Una Una terdiri dari 207 posyandu di masing- masing wilayah kerja Puskesmas, yaitu Ampana Barat 21 Posyandu, Ampana Timur 20 Posyandu, Dataran Bulan 13 Posyandu, Dolong 5 Posyandu, Kalia 7 Posyandu, Lebiti 16 Posyandu, Marowo 20 Posyandu, Matako 11 Posyandu, Molowagu 9 Posyandu, Pasokan 13 Posyandu, Popolii 4 Posyandu, Tete 18 Posyandu, Tombiano 11 Posyandu, Uekuli 18 Posyandu, Wakai 12 Posyandu, dan Watusongu 9 Posyandu,”ujarnya.

Menurutnya, capaian Posyandu Aktif (Purnama dan Mandiri) Kabupaten Tojo Una Una pada tahun 2022 sebesar 65% dengan indikator penilaian strata posyandu meliputi frekuensi penimbangan, jumlah kader posyandu, cakupan KIA, cakupan KB, cakupan imunisasi, cakupan rata –rata penimbangan balita, kegiatan tambahan dan alat pertumbuhan dan perkembangan.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mewujudkan optimalisasi peran dan fungsi Pokjanal Posyandu melalui penigkatan kapasitas kelembagaan, SDM, anggaran, dan Koordinasi Posyandu di Kabupaten Tojo Una Una,”tuturnya.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Sovianur Kure dalam sambutannya, sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut, menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan tersebut, dengan harapan dapat tercapainya tujuan yang diharapkan bersama.

“Pokjanal posyandu merupakan salah satu bentuk upaya Kesehatan bersumber daya masyarakat yang sudah menjadi milik serta menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan Kesehatan, guna memperoleh pelayanan Kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak,”ungkap Sekda.

Sekda berharap agar perangkat daerah dan Lintas Sektor terkait dapat lebih meningkatkan fungsi dan kinerjanya dalam membangun komitmen bersama serta bersinergi melalui program dan kegiatannya masing-masing dalam mendukung tugas dan fungsi Tim Pokjanal, sehingga dapat memberikan kontribusi untuk mendongkrak penilaian indikator strategis posyandu, mulai dari pembinaan kader serta keterpaduan pelayanan infrastruktur penunjang.

“Saya harapkan segala permasalahan yang ada baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai ke desa/kelurahan dapat terpecahkan bersama, sehingga posyandu yang ada di Kabupaten Tojo Una-Una ini dapat lebih meningkatkan fungsi dan kinerjanya,”harapnya.

Turut hadir sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait Lingkup Pemda Kabupaten Tojo Una-Una, sejumlah Camat, serta Tim kelompok kerja Pokjanal Posyandu

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait