Pemda Touna Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

  • Whatsapp

Ampana – Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-una gelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 dengan tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Bertempat di Lapangan Upacara Eks. STQ, Kamis (01 /06/2023)

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Touna Mohammad Lahay,SE.,MM dalam amanatnya menyampaikan bahwa peringatan hari lahir Pancasila harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Ideologi Trans-Nasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi, revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berialog, dalam berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas Negara,”kata Bupati.

Bupati katakan, ketika konektivitas 5G melanda dunia, maka interaksi antar dunia juga akan semakin mudah dan cepat. Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideolog-ideolog trans-nasional radikal untuk merambah keseluruh pelosok Indonesia, keseluruh kalangan dan keseluruh usia, tidak mengenal lokasi dan waktu.

“Selanjutnya untuk menghadapi semua ini perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Di perlukan cara-cara baru yang luar biasa memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri dan Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi,”jelasnya.

Bupati mengajak kepada seluruh Aparat Pemerintahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Pendidik, Kaum Profesional, Generasi Mudah dan seluruh Masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan.”Ucap Mohammad Lahay

Upacara tersebut turut hadiri Wakil Bupati Tojo Una-Una Ilham Lawidu Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-Una Mahmud Lahay, Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Sovianur Kure, Pejabat Unsur Forkopimda, serta Pejabat Ess.II, III dan IV Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Touna serta tamu undangan dan peserta upacara dari berbagai unsur, Instansi Pemerintah Daerah, Instansi Vertikal, TNI, POLRI, POL-PP, DAMKAR, Penanggulangan Bencana, BUMN/BUMD, Organisasi Perempuan, Organisasi Pemuda, Organisasi Masyarakat, Partai Politik, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Guru, Tenaga Honorer/Tenaga Kontrak, Mahasiswa dan Siswa-siswi yang turut mengisi acara hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada hari ini tanggal 01 Juni 2023.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait