Pemda Touna Lakukan Penyusunan Metadata Dan Standar Data Statistik Sektoral

  • Whatsapp

Ampana- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tojo Una-Una Dr. Hj. Sovianur Kure, S.E.,M.Si mewakili Bupati Tojo Una-Una sekaligus membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Penyusunan Metadata dan Standar Data Statistik Sektoral, bertempat di Auditorium Selasa (5/12/23).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Nawatsara Panjili, S.E.,M.Si, Kepala Statistik Kabupaten Touna Robert Andries Gabriel, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Mohammad Askari, S.E. Selain itu turut hadir Unsur Pejabat Dinas Komunikasi dan Informatika serta sejumlah peserta sosialisasi yaitu Kasubag Perencanaan dan Operator pada OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una.

Dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tojo Una-Una, .

Sekda Touna Sovianur Kure dalam sambutannya mengatakan bahwa Atas nama pemerintah daerah menyambut baik terlaksananya kegiatan ini, dengan harapan semoga apa yang dilakukan akan semakin memantapkan komitmen dan langkah kita bersama sebagai upaya untuk meningkatkan tata kelola data statistik sektoral lingkup pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una serta implementasi dari Perpres nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI).

“SDI adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dapat dibagi pakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah melalui pemenuhan standar data, metadata, interoperabilitas data, dan menggunakan kode referensi dan data induk. sehingga seluruh kumpulan data yang tersedia dalam portal satu data Indonesia dapat diakses secara terbuka dan dikategorikan sebagai data publik,”ucap Sekda.

Sekda katakan, metadata dan standar data merupakan bagian dari prinsip satu data indonesia. berperan penting sebagai dokumentasi yang disediakan oleh setiap produsen data sebagai penanggung jawab data yang nantinya akan digunakan oleh pengguna data. Sehingga berdasarkan hal tersebut, pemerintah daerah berharap kegiatan yang dilaksanakan kali ini, memberikan informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola.

Kegiatan sosialisasi penerapan metadata statistik sektoral mutlak diperlakukan untuk lebih menjamin kualitas data dan informasi guna mendukung penyelenggaraan satu data Indonesia dengan baik dan berharap kepada peserta sosialisasi dapat menjadi salah satu tugas untuk penyiapan data yang berkualitas sebagai instrument pembangunan yaitu perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, serta mengukur indikator keberhasilan pembangunan di daerah kita

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait