Pemdes Petiyintunggal Kembangkan Agrowisata untuk Tingkatkan Ekonomi UMKM dan Pendapatan Desa

  • Whatsapp
Kades Petiyintunggal Kecamatan Dukun, Gresik, saat kegiatan penanaman seribu pohon buah durian musang king di area agrowisata Lemah Abang, Selasa (19/12/2023).

GRESIK,beritalima.com- Pemerintah Desa (Pemdes) Petiyintunggal, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terus mengembangkan potensi Agrowisata Lemah Abang.

Berbagai tahapan persiapan pembangunan wisata telah dikerjakan dengan dengan memanfaatkan lahan Tanah Kas Desa (TKD) dengan luas sekitar 3 hektar yang letaknya di utara Desa.

Ditahap awal ini, Pemdes sedang fokus melakukan penanaman berbagai macam pohon buah untuk dijadikan icon wisata.

Salah satunya adalah kegiatan penanaman 1000 pohon buah durian Musang King yang bekerja sama dengan salah satu BUMN, PT PLN Nusantara Power yang memberikan bibit pohon program CSR-nya, pada, Selasa (19/12/2023).

Tampak hadir dalam acara tersebut, pimpinan PT PLN Nusantara Power, Sekretaris Dinas Pertanian, Camat, Dukun, Gunawan Purna Atmaja, Danramil Dukun dan perwakilan Polsek Dukun, Kades Petiyintunggal, Mat Asroful.

Usai kegiatan, Kepala Desa Petiyintunggal Mat Asyroful, mengatakan penanaman pohon ini sebagai tahapan untuk mengembangkan agrowisata desanya.

Ia menuturkan, jika di Agrowisata yang diberi nama “Lemah Abang” ini sudah ada 8 jenis pohon atau buah- buahan yang sudah ditanam.

“Total ada 8 jenis buah-buahan yang kita tanam, ada Kelengkeng, Durian Alpukat, Durian, Jambu biji, Jambu Air, Blimbing, Anggur dan Kurma.,” ujarnya.

Asroful menjelaskan, untuk pengelolahan agrowisata tersebut akan diserahkan ke Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dibawah naungan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)nya.

Selain itu, Ia menambahkan, berdasarkan site plan, nantinya di tengah Agrowisata tersebut akan dibangun taman dan tempat UMKM berjualan serta tempat hiburan yang lain.

“Nanti di agro wisata kita buatkan tempat hiburannya, termasuk kita buat wisata taman. Kemudian ada kulinernya” jelasnya.

Ia optimis Agrowisata Lemah Abang tersebut bisa dibuka tahun depan, meski untuk menyelesaikan proyek besar tersebut, dibutuhkan waktu dan dana untuk membangun sarana-prasana membangun infrastruktur yang memadai.

“Kita masih butuh membangun infrastrukturnya termasuk membangun area jalan masuk ke wisata” jelasnya.

Dia berharap dengan adanya agrowisata ini dapat meningkatkan jumlah UMKM dan meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Harapan kedepan nanti bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, Kemudian harapan kita wisata ini dapat meningkatkan PADes,” pungkas Asroful.

Sementara itu, Camat Dukun, Gunawan Purna Atmaja, ditempat yang sama, mengapresiasi jerih payah Pemdes Petiyintunggal dalam mengembangkan wisata tersebut.

” Di Kecamatan Dukun ini yang perlu dikembangkan adalah lahan hijau untuk dikembangkan menjadi agrowisata. Alhamdulillah pak Kades Petiyin ini punya semangat untuk mengembangkan wisata desa,” ujarnya.

Dia berharap, dengan adanya agrowisata di Desa tersebut dapat menginspirasi desa yang lain untuk mengembangkan potensinya.

“Semoga kegiatan ini dapat mendorong bagi desa-desa yang lain untuk ikut mengembangkan desa wisata,”pungkasnya.(Moh Khoiron)

beritalima.com

Pos terkait