Pemenuhan Konsep Langkah Awal Penentuan One Village One Product

  • Whatsapp
Muspika Kaliwates saat melaksanakan rapat koordinasi (beritalima.com/istimewa)
Muspika Kaliwates saat melaksanakan rapat koordinasi (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Bertempat di Aula Kecamatan Kaliwates, Muspika melaksanakan rapat koordinasi dalam penentuan One Village One Product (OVOP).

Kegiatan ini, dilaksanakan oleh Muspika Kaliwates yang diikuti jajaran serta lurah Se-Kecamatan Kaliwates, Senin (12/12/2022).

Bacaan Lainnya

Menurut halaman resmi Pemkab Jember melalui PPID, dalam rangka Pemenuhan Konsep Langkah Awal Kajian Penentuan One Village One Product (OVOP) di Wilayah Kecamatan Wuluhan. Dengfan Time Line:

1.Sosialisasi dan Diseinasi Program Tingkat Kabupaten dan Kecamatan dengan capaian tersosialisasi dan penyaaan presepsi terhadap program OVOP di Tingkat Kabupaten dan Kecamatan.

2.Koordinasi Internal Kecamatan Dengan Kelurahan dengan capaian dapat tersosialisasikan dan penyamaan presepsi terhadap program OVOP di tingkat Kelurahan

3.Musyawarah desa Sosialisasi & Pembentukan Tim “OVOP” Kelurahan dengan capaian sosialisasi program OVOP & Pembentukan Tim OVOP Kelurahan (min 5 org), SK Lurah Tim terdiri dari unsur Perangkat Kelurahan dan Pemuda Kreatif Kelurahan

4.Identifikasi Potensi Sumber Daya Dam Inovasi Desa dengan capaian pemetaan potensi Kelurahan (Data bersumber : Profil Kelurahan IDM, SDs, INOVASI, SDM dll), Penggalian potensi Kelurahan melalui pengolahan data profil Kelurahan, IDM, Prodes/kel, SDGs, Tinjau Lapang sehingga mendapatkan kriteria Potensi Kelurahan sebanyak 5 produk Unggulan.

5.Penilaian / Uji Kelayakan dan Penetapan Produk Unggulan Kelurahan setelah evaluasi Oleh Camat dengan capaian :

a.Uji Penilaian melalui Kuisioner berdasarkan aspek Pasar dan Pemasaran, Teknis dan Teknolohi, Sosial Budaya, Ekonomi, Politik dan Lingkungan, Hukum.

b.Melakukan kajian analisa hubungan sebab akibat, verifikasi Lapang.

c.Muncul Nominasi / Ranking Prioritas Produk Unggulan Kelurahan.

d.Evaluasi Camat

e.SK Kelurahan terhadap penetapan satu produk unggulan kelurahan.

6.Publish Produk Unggulan Kelurahan

7.Keberlanjutan Program

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu Penentuan One Village One Product (OVOP) di masing-masing Kelurahan Se-Kecamatan Kaliwates. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait