Pemilik Holtikultura Ingin Jombang Punya Sentral Buah – Buahan

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Masih di bulan syawal, Bupati Jombang temu klinik agribisnis di lahan holtikultura milik Ahmad Hasan di kawasan Desa Kedawong, Kecamatan Diwek, terlihat beberapa jenis tanaman holtikultura mulai dari kelengkeng sampai anggur.

Hadir beberapa OPD, Sekda dan aparatur dari dinas pertanian kumpul termasuk Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di koridor sebagai central event Temu Klinik Agribisnis dan Pertemuan Bulanan Penyuluh Se-Kabupaten Jombang, yang diselenggarakan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Rabu (25/5/2022).

Dikatakan Ahmad Hasan, mengubah pola tanam sejak Januari 2020 dari tanaman perkebunan ke tanaman holtikultura seluas 2 ha. Tanaman holti yang ditanam terdiri dari beberapa varietas durian, varian alpukat, kelengkeng, varietas anggur sedangkan anggur yang ditanam ada 8 varian.

Hal lain diungkapkan Hasan selaku owner holti, tidak kalah dengan kota – kota lain seperti kampung coklat. Hal itu harapannya selaku petani mandiri mendapat dukungan dari pemerintah daerah untuk mewujudkan yang tidak jauh dari kota Jombang.

“Artinya 3km dari pusat kota Jombang bisa mengunjungi buah – buahan dan menjembatani untuk mengurus surat – surat perijinan agar bisa punya nama selain desa wisata,” terang Ahmad Hasan.

Ditegaskan pemilik tanaman holti, melakukan pola tanam itu agar edukasi – edukasi yang ada di seputar tanaman holtikultura bisa memenuhi kebutuhan buah – buahan dan bisa menjadi sentral buah – buahan yang ada di Kabupaten Jombang.

“Kalau Pemerintah Daerah bisa merespon baik seperti ini, alhamdulillah bisa melakukan suport hingga tidak kalah dengan icon – icon lain,” jelasnya.

Sebelumnya dalam sambutan Bupati Jombang menyatakan bahwa pertanian merupakan program unggulan Kabupaten Jombang, diharapkan dapat mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat yang mayoritas adalah petani.

“Saya berharap kedepan para PPL dan seluruh keluarga besar Dinas Pertanian Kabupaten Jombang terus ada peningkatan kinerja, perbaikan dan inovasi dalam hal pelayanan kepada masyarakat serta dukungan terhadap program-program yang diprioritaskan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang,” jelasnya.

Masih diharapkan Bupati Munjidah, ke depannya bisa menyampaikan program unggulan dan andalan agar perubahan pertanian masyarakat semakin berkembang secara signifikan.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait