Pemkab Bondowoso Raih Penghargaan SAKIP Predikat BB

oleh -52 views

BONDOWOSO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, meraih penghargaan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) tahun 2019 dengan predikat BB.

Penghargaan dari MenapanRB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) itu, diterima langsung oleh Bupati Salwa Arifin, dalam acara SAKIP Award 2019, di Inaya Putri Bali, Kawasan Wisata Nusa Dua, Badung Bali, Senin (27/1/2020).

Ada 5 indikator untuk meraih SAKIP, yaitu perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja.


Bupati Salwa Arifin, melalui Kabag Humas Pemkab Suryadi menjelaskan, bahwa penghargaan SAKIP ini, karena pemerintah Kabupaten Bondowoso dinilai mampu menyajikan data sistem perencanaan dan sistem penganggaran, serta sistem pelaporan selaras dengan sistem keuangan.

“Dimana setiap organisasi perangkat daerah (OPD) dalam perencanaan, penganggaran dan pelaporan sangat terukur, dengan satuan yang jelas atau prosentase capaian yang terukur,” katanya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, SAKIP kata kuncinya adalah akuntabilitas atas tugas dan tanggung jawab organisasi perangkat daerah dan jajarannya, terhadap tujuan organisasi yang selaras dan satu tujuan, dengan rencana kerja pemerintah Kabupaten Bondowoso.

“SAKIP Secara khusus diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah,” paparnya.

Adapun tujuan SAKIP kata dia, menjadikan instansi yang efisien efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat.

“Sehingga menjadikan terwujudnya tranparansi, terwujudnya partisipasi masyarakat, dan terwujudnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Alhamdulillah Predikat SAKIP Pemerintah Kabupaten Bondowoso BB. Semoga kita dapat terus meningkatkan kinerja kita ke depan,” harapnya. (*/Rois/Bh)