Pemkab Jember Beri Perhatian ODGJ Hingga Ditelantarkan Keluarga

  • Whatsapp
Kondisi warga Desa Gunung Malang yang dirujuk ke RSD. dr. Soebandi (beritalima.com/istimewa)
Kondisi warga Desa Gunung Malang yang dirujuk ke RSD. dr. Soebandi (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Pemerintah Kabupaten Jember memberikan perhatian kepada Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) hingga yang ditelantarkan keluarganya.

Seperti yang dilakukan kali ini, dengan memberikan pelayanan kepada nenek Satu warga Desa Gunung Malang, Kecamatan Sumberjambe, Jumat (9/6/2023).

Bacaan Lainnya

“Saat itu, kami langsung melakukan assesment ke lokasi, ternyata yang bersangkutan ditemukan dalam kondisi ODGJ,” kata Kepala Dinas Sosial Jember, Akhmad Helmi Luqman.

Menurutnya, nenek Sati juga mengalami benjolan dibagian lehernya. Saat ini kondisi nenek tersebut sudah dibawa ke RSD. dr. Soebandi Jember.

“Telah dilakukan pemeriksaan secara maraton untuk bisa menentukan diagnosa selanjutnya. Nanti akan kami dampingi hingga selesai,” ungkapnya.

Sebenarnya, Nenek Sati sebelumnya telah mendapatkan sejumlah bantuan. “Bantuan sembako, misalnya,” tegasnya. Bahkan, yang bersangkutan juga masuk di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Selain itu, pemerintah desa setempat juga pernah memperbaiki rumah Nenek Sati sebanyak tiga kali.

Sementara itu, hingga berita ini ditulis, Helmi menyampaikan bahwa tak hanya Nenek Sati saja yang telah dirawat. “Banyak Ibu Sati-Ibu Sati lain yang telah ditangani,” lanjutnya.

Contoh, lanjutnya, pada hari ini juga, pihaknya merujuk salah seorang lansia ke RSD dr Soebandi atas nama Pak Tamim.

Karena sakit, yang bersangkutan ditelantarkan oleh keluarganya. “Kemudian, kami rujuk di Soebandi untuk menjalani pemeriksaan,” jelasnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait