Meriahkan Juli Bung Karno, Sumenep Gelar Parade Musik Tradisional Tong Tong

  • Whatsapp
Ribuan orang memadati jalan-jalan di seputaran Kecamatan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur, untuk menyaksikan parade musik tradisional Tong Tong

SUMENEP, beritaLima.com| Ribuan orang memadati jalan-jalan di seputaran Kecamatan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur, untuk menyaksikan parade musik tradisional Tong Tong dalam rangka menyemarakkan ‘Juni Bulan Bung Karno’, Sabtu, 10 Juni 2023, malam.

Ribuan orang memadati jalan-jalan di seputaran Kecamatan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur, untuk menyaksikan parade musik tradisional Tong Tong

Parade musik tradisional yang melibatkan enam grup musik Tong Tong terbaik ini dimulai dari depan Rumah Dinas Bupati Sumenep dan berakhir di Lapangan Giling.

Bacaan Lainnya

Rute parade tersebut dipadati ribuan penonton yang antusias dan tak ingin melewatkan kesempatan untuk menyaksikan pertunjukan musik yang khas dan mempesona.

Penanggung jawab kegiatan, Abrari, mengatakan, semarak Bulan Bung Karno di Kabupaten Sumenep ini untuk mengingatkan bahwa di Indinesia, dulu, pernah ada sosok Bung Karno (Soekarno), sang Proklamator Republik Indonesia.

“Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai warga bangsa, bahwa apa yang pernah ditorehkan Bung Karno sebagai tokoh bangsa, sebagai founding fathers bangsa, tidak boleh kita lupakan. Sebaliknya, harus kita teruskan seluruh api perjuangannya,” kata Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sumenep ini, penuh semangat.

Selebihnya, bakal calon anggota DPRD Jawa Timur pada Pemilu 2024 mendatang ini berharap, parade musik tradisional Tong Tong yang meriah kali ini tidak hanya memberikan hiburan semata, tapi juga mampu memperkuat ikatan sosial dan kebanggaan terhadap identitas budaya masyarakat.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, menyambut baik acara ini. Menurutnya, parade musik tradisional Tong Tong ini tidak hanya untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan lokal Sumenep, tapi juga akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat.

“Parade ini tidak hanya tentang kebudayaan, tapi juga memberikan peluang bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumenep. Dengan melibatkan banyak pelaku UMKM dalam acara ini, diharapkan dapat meningkatkan roda perekonomian,” katanya.

Pantauan di lokasi, banyak pelaku UMKM yang memanfaatkan momen ini untuk menjual produk-produk mereka kepada pengunjung dengan mendirikan stand di sekitar lokasi.
(**)

beritalima.com

Pos terkait