Pemkab Madiun Punya Pabrik Air Mineral Dengan Merk “Yoiki”

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemkab Madiun, Jawa Timur, melalui Perumda Air Minum Tirta Dharma Purabaya, memproduksi air mineral dalam kemasan dengan merk “Yoiki”.

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami dan Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, melaunching merk tersebut Senin 6 Desember 2021.

Bupati menjelaskan, proses produksi air minum dalam kemasan dengan merek “Yoiki” ini memiliki proses yang panjang. Ikhtiar tersebut dilakukan untuk menyehatkan masyarakat dengan menjamin kualitas air minum.

“Hari ini kita launching untuk semuanya, tidak hanya untuk pemerintah, perumda, tetapi juga untuk masyarakat,” jelas H. Ahmad Dawami.

Agar PDAM tidak hanya berfokus kepada profit oriented untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), ia berharap agar PDAM social orientied yang berarti melayani untuk kebutuhan masyarakat.

“Fenomena hari ini ketika sudah ada standarisasi yang jelas mengenai air layak minum, saya harap Dinas Kesehatan bekerja sama dengan PDAM, sehingga PDAM tidak hanya berbicara profit orientied untuk peningkatan PAD, tetapi juga indeks kesehatan masyarakat,” tandasnya.

Bupati menambahkan, mengenai rasa tidak kalah dengan lainnya. Untuk pemasaran nanti akan dilakukan di internal Pemkab Madiun. Air minum tersebut akan digunakan oleh setiap instansi di Kabupaten Madiun.

“Pemasaran akan internal dulu, setiap kegiatan Pemkab akan menggunakan air minum tersebut,” tambahnya

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Kabupaten Madiun, Sumariyono, mengatakan, pengembangan usaha ini sudah menggunakan kajian akademis dan peralatan yang memadai serta perijinan yang sudah disahkan,

“Sehingga air minum dalam kemasan dengan merek “Yoiki” sudah siap dipasarkan secara massal,” ucap Sumaryono.

“Dengan diproduksinya air mineral ini, diharapkan mampu meningkatkan PAD Kabupaten Madiun dan menjadi ikon atau kebanggaan masyarakat Kabupaten Madiun dengan adanya air mineral yang sehat dari produk lokal,” tambahnya.

Untuk diketahui, kemampuan produksi Perumda Tirta Dharma Purabaya, mampu memproduksi 1200 botol per jam. Sedangkan untuk jam operasional, sementara tujuh jam per hari.

Saat ini Perumda Tirta Dharma Purabaya sudah memproduksi dengan berbagai jenis kemasan. Mulai kemasan gelas, botol, hingga galon. (Dibyo).

H. Ahmad Dawami (kiri) atas, H. Hari Wuryanto (kiri) bawah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait