Pemkab Raja Ampat Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan

  • Whatsapp

Raja Ampat,beritalima.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat,Provinsi Papua Barat (PB),menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan.Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wakil Bupati (Wabup) Raja Ampat,Manuel Piter Urbinas,S.Pi,M.Si.Upacara digelar di halaman Komplek perkantoran Pemkab Raja Ampat,Kamis pagi pukul 08.00 waktu setempat (10/11/2016).

Sedangkan bertindak selaku Komandan Upacara Latnan Dua (Letda) Infantri,Musa Maknum.Pembacaan teks Pancasila oleh inspektur Upacara,dilanjutkan pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945 oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinas Sosial,Frengky Mambrisau.Untuk pesan-pesan Pahlawan dibacakan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),Alfaris Mambraku.

Upacara Hari Pahlawan di Kabupaten Raja Ampat dihadiri,Kapolres Raja Ampat,AKBP Mariocristy Panca Sakti Siregar,SIK,MH beserta pejabat polres lainnya,Danramil 1704-03/Saonek,Mayor Infantri,Agus Padang,para pejabat eselon II,III dan IV dilingkungan Pemkab Raja Ampat,Ketua TP PKK Raja Ampat,Ny Fauzia Tampubolon Umlati,serta tamu undangan lainnya.

Amanat Menteri Sosial,Khofifah Indar Parawansa yang dibacakan Oleh Wabup Raja Ampat,Manuel Piter Urbinas,Setiap tanggal 10 November,Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan,sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan kusuma bangsa,dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa‘‘Pertempuran 10 November 1945’’ di Surabaya,sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945,dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.

“Melalui momentum peringatan  Hari Pahlawan 10 November 2016 yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan,kita dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua seperti : taqwa kepada tuhan YME,pantang menyerah,jujur dan adil,percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras.Untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para Pahlawan Bangsa”,ungkapnya.

20161110_085918_resized

Lebih lanjut,Dengan suatu tekad dan ketulusan untuk bersama-sama saling bahu-membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai integritas,etos kerja dan gotong royong,maka saya yakin bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda,dan dapat menjadi bangsa‘‘Pemenang”mampu bersaing dengan negara dan bangsa lain.Hal ini sejalan dengan Tema Hari Pahlawan 2016 yaitu : ‘‘Satukan Langkah Untuk Negeri”.

“Tema ini juga mengandung pesan kepada kita semua untuk bersatu dalam kebersamaan dalam persatuan untuk mewujudkan cita-cita negeri yang kita cintai ini”,imbuhnya.

Dikatakannya,Selain itu melalui peringatan Hari Pahlawan 2016 sebagai bangsa yang besar,bangsa yang harus menghargai jasa para pahlwannya,Peringatan Hari Pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan,menumbuh-kembangkan nilai-nilai Kepahlawanan,serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

“Pada kesempatan yang baik ini,kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang,bekerja,berkarya menjadi Pahlwan bagi diri sendiri,Palawan bagi lingkungan,Pahlawan bagi masyarakat maupun Pahlawan bagi negeri ini,Selamat Hari Pahlawan Tahun 2016”,tutupnya.

Demikian Amanat Menteri Sosial,Khofifah Indar Parawansa yang dibacakan oleh Wakil Bupati Raja Ampat,Manuel Piter Urbinas,pada upacara Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Raja Ampat.

Upacara peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Raja Ampat berlangsung khidmat.Adapun para peserta  upacara terdiri dari  unsur TNI,Polri,Satpol PP,ASN Raja Ampat,Organisasi kemasyarakatan (Ormas),siswa-siswi TK,SD,SMP,SMA,SMK.

Usai Upacara rombongan melaksanakan Ziarah Laut (Tabur Bunga),di pelabuhan Waisai Raja Ampat Sebagai ucapan kepada arwah para Pahlawan kusuma bangsa.(Zainal)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *