Pemkab Situbondo Gelar Job Fair 2033, Siapkan Ribuan Lowongan Pekerjaan

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat memotong pita pembukaan jobfair 2023. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Ketenagakerjaan bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Kendit menggelar Job Fair Tahun 2023, Selasa (21/3/2023). Acara tersebut berlangsung di Alun-alun Situbondo.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi melalui Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Kholil menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut untuk menurunkan angka pengangguran terbuka di Kota Santri Pancasila.

“Dalam menurunkan angka pengangguran terbuka, ada dua langkah yang kita lakukan. Pertama memberikan kompetensi pada pencari kerja untuk disalurkan kepada perusahaan, baik di dalam maupun luar negeri. Dan mencetak para pencari kerja untuk sebagai entrepreneur,” ujarnya.

Mantan Kepala DLH Situbondo ini melanjutkan, Job Fair ini diikuti oleh 34 perusahaan yang mayoritas berasal dari Tapal Kuda (Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi).

“Ada juga yang dari Surabaya maupun kota-kota besar lainnya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kholil menyampaikan, Job Fair tersebut diselenggarakan secara online atau Siap Lamaran Jarak Jauh (SLJJ) pada Selasa, 21 Maret pagi hari.

“Kemudian sore harinya dilakukan secara offline di Alun-alun Kabupaten Situbondo. Kemudian pada hari Rabu, 22 Maret 2023 tetap di Alun-alun Kabupaten Situbondo kita kita buka Job Fair secara online lagi,” imbuhnya.

Untuk itu, Kholil menghimbau kepada para pencari kerja agar mendatangi stand-stand perusahaan yang tersedia di Alun-alun Situbondo.

“Barangkali ada lowongan pekerjaan yang sesuai dan berminat bisa langsung mengajukan lamaran pekerjaan. Dan nanti akan mendapatkan panggilan di lain hari untuk dilakukan tes atau wawancara,” bebernya.

Di akhir Job Fair ini, kata Kholil, Dinas Ketenagakerjaan Situbondo bakal melakukan evaluasi. “Artinya dari 2200 lowongan kerja itu akan kita data ada berapa pencari kerja yang telah mengajukan lamaran. Selanjutnya sebulan kemudian nanti kita akan data ke 34 perusahaan yang sudah memasukkan lamaran itu berapa yang sudah diterima kerja,” tegas Kadisnaker Situbondo.

Dengan begitu Dinas Ketenagakerjaan Situbondo memiliki data seberapa besar dampak Job Fair tersebut mampu menyerap tenaga kerja di Kabupaten Situbondo.

“Semisal nanti 2200 lowongan pekerjaan itu tidak terisi semua, maka langkah berikutnya Dinas Ketenagakerjaan Situbondo akan menyiapkan para pencari kerja – para pencari kerja di Situbondo ini agar memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar kerja. Caranya melalui pelatihan yang berbasis kompetensi,” tutup Kholil.

Sekedar informasi berikut nama-nama perusahaan yang ikut dalam Job Fair Tahun 2023 di Kabupaten Situbondo
perusahaan yg hadir di INSPEX 2023

1. PT. FIF
2. TELKOMSEL
3. PT.PNM
4. Labuan Resort
5. PT. VASA
6. PT. Bina Artha
7. LPK Nusantara Gakkaou
8. BTPN syariah
9. PT. Excel Bit
10 PT. DIKA
11. Bank BCA
12. UD. Nina Roti
13. PT. Ungaran Sari Garment
14. Daihatsu Kharisma
15. Toyota Auto 2000
16. Yamaha

Kemudian

17. PT. Lima Waktu Cellular
18. PT. Advantage Scm
19 MR. D.I.Y
20. PT. ADIRA Multifinance
21. Bank Jatim
22. PT. Unicharm
23. PT. karya Tantri Abadi
24. PT. Alfaria Trijaya
25. BLK Situbondo
26. PT. Victory Surabaya
27. Prudential
28. PT. Krama Yudha Tiga Berlian
29. PT. Wahana Otoputra Multiartha’
30. PT. Samudra Seafood Product
31. Wuling Motors Indonesia
32. PT. Kawan Lama Solutions
33. KRISBOW
34. LBB Cekatama

(*/Adv/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait