Pemkab Touna Akan Bagikan 270 Ton Paket Sembako ke Masyarakat Terdampak Covid-19

  • Whatsapp

Ampana,beritalima.com | Pemkab Kabupaten Tojo UnaUna (Touna) mulai bulan Mei mendatang akan menyalurkan bantuan pangan berupa paket sembako sebanyak 10.000 paket kepada warga yang terdampak wabah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Hasil rapat bersama OPD terkait bersama Bupati Tojo Una-una Mohamad Lahay yang dilaksanakan di kantor Dinas Sosial Rabu (29/4/2020) telah disepakati bersama pembelian bantuan pangan dalam bentuk paket sembako akan menggunakan dana APBD kurang lebih sebesar 4 Miliar Rupiah.

Kepala Dinas sosial, Burhanudin Lahay mengatakan ,bantuan paket pangan itu berupa satu paket sembako, berupa beras 10 Kg, Gula pasir 2 kg , Minyak goreng 1 Liter dan telur ayam 21 atau 22 Butir.

Dia katakan , Jumlah penerima bantuan pangan ini dikabupaten Touna sebanyak 10 ribu Kepala Keluarga berdasarkan hasil keputusan bersama dalam rakor bersama OPD terkait .

Berdasarkan Data terbaru dinas sosial per Januari 2020 yang telah disetujui oleh kementerian Sosial bahwa kepala keluarga yang belum menerima bansos berjumlah 4 232 KK, ditambah dengan usulan baru berjumlah 3.066 KK serta ditambah dengan data yang Non Bansos berjumlah 1 474 KK , sehingga jumlah keseluruhan penerima sebanyak 8 230 KK .

Sebelumnya kata Kadinsos , target sasaran pertama berjumlah 7.297 KK ,setelah di verifikasi ternyata didalamnya ada Pegawai Negeri Siipil, ada Pensiunan dan ada polis,.

“ini semua yang kita keluarkan sehingga menjadi 6.756 kk ditambah dengan PKH Non Bansos tadi sehingga menjadi 8 230 kk ” terang Kadinsos

Namun ada exsclusion errornya sebesar 10 persen , sehingga jumlahnya menjadi 9.063., tapi angka tersebut tidak dapat dipakai , karena hasil keputusan dalam Rapat bersama Bupati Mohamad Lahay tegaskan jumlah angka penerima paket sembako dibulatkan menjadi 10 ribu Kepala Keluarga.

Dia menjelaskan, Namun bukan berarti angka data penerima ini mentok di 10 ribu kk saja ,namun kita masih menunggu data dari dinas lain kalau ada ketambahan lagi.karena sampai saat ini Dinas Nakertrans belum memasukan Data ke Dinsos
.
” data dari Dinas kesehatan telah ada 1000 lebih data yang dimasukan ke Dinsos, sementara dari Dinas Nakertrans belum memasukan data tenaga kerja yang kena PHK ,termasuk dengan UMKM yang terpuruk akibat dampak COVID-19 , kami butuh data dari Dinas Perindag untuk dimasukan ” kata Burhanudin Lahay

“Namun untuk pembagian awal kami akan menyalurkan paket sembako sebanyak 10 ribu kk ” Tambahnya.

Kadis Sosial katakan hal ini sesuai instruksi Bupati Touna , bantuan pangan APBD berupa pembagian paket sembako ini akan dilakukan pada Minggu pertama bulan Mei 2020.

Penyaluran paket sembako ini akan dilakukan dimasing masing kecamatan dikabupaten Tojo UnaUna.

Total paket Sembako yang akan dibagikan sebesar 270 TON , yang terdiri dari 200 Ton Beras , Gula pasir 40 Ton , Minyak goreng 20 ribu liter (2 Ton), dan Telur sebanyak 10 Ton.

” Tergantung kesiapan Bulog menyediakan pesanan stok paket sembako ini, kalau bisa menyiapkan semuanya dalam Minggu ini maka kita akan cepat salurkan semuanya ”
.
” Pembelian paket sembako yang akan dilakukan selama dua bulan kedepan ini, nenggunakan dana APBD kurang lebih sebesar 4 Miliar Rupiah ” Tutupnya. (HW)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait