Pemkab Touna Dorong Tata Kelola Desa Wisata

  • Whatsapp

Ampana, beritalima.com| Wakil Bupati Touna Ilham Lawidu saat membuka workshop peningkatan kapasitas tenaga kerja pariwisata dalam pengembangan desa wisata di Hotel Lawaka, Ampana,Rabu (16/6/2021)

Wabup Touna megatakan , selama ini tercatat turis luar negeri yang berkunjung ke Togean berasal dari 23 negara. Ini menunjukan jika Togean telah mendunia. Olehnya, pangsa pasar ini harus tetap dirawat.

Untuk menata Togean lebih baik, Ilham berharap kepada seluruh pemangku kepentingan lainnya agar terus bersinergi dalam menata kepariwisataan agar terjadi peningkatan jumlah kunjungan.

“Kedepan menjadi tanggung jawab kita bersama, pengembangan pariwisata tidak bisa dilakukan secara parsial oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, perlu dorongan dan dukungan dari para pemangku kepentingan melalui upaya dan langka-langka kongkrit untuk mengoptimalkan berbagai potensi pariwisata yang ada,” imbuh Ilham.

Pemda juga akan mendorong tata kelola desa wisata yang ada di Touna. Sebab, ide desa wisata yang selama ini digagas belum maksimal terlaksana dengan baik, hanya habis diwacana saja.

Olehnya, dia meminta OPD terkait dan para pelaku wisata untuk belajar mengenai tata kelola desa wisata di beberapa daerah, terutama di Jawa dan Bali yang sukses menciptakan destinasi baru desa wisata.


Workshop diikuti Direktur Penyerasian Pembangunan Sosial, Budaya dan Kelembagaan Kementrian Desa dan Pembanguna Daerah Tertinggal, Kepala Balai TNKT Touna, pelaku asosiasi mitra usaha pariwisata Touna (PHRI-HPI Badan) dan Wisata Foundation/Fondasyen.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait