Pemkab Touna Kembali Meraih WTP Ke-11 Kalinya Berturut-turut

  • Whatsapp

AMPANA -Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 11 kali berturut-turut oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulawesi Tengah,

Opini WTP ini diraih atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022.

Penghargaan ini diberikan langsung Kepala BPK Sulteng Binsar Karyanto dan diterima langsung Bupati Touna Mohammad Lahay,SE.,MM didampingi Wakil Bupati Touna Ilham Lawidu,SH dan Ketua DPRD Touna Dr.H. Mahmud Lahay,SE.,MSi.Senin (15/5/2023).

Diketahui opini WTP yang diterima Pemerintah Daerah Kabupaten Touna ini adalah yang 11 kalinya secara berturut-turut.

Pada kesempatan itu, Bupati Touna dalam sambutannya mengatakan bahwa pemeriksaan BPK-RI atas laporan keuangan pemerintah daerah yang telah kita jalani bersama merupakan suatu momentum tahunan yang sangat diperlukan dalam upaya menilai kewajaran pengelolaan keuangan suatu daerah yang menjadi entitas pemeriksaan.

Dari aspek pelaksanaan jalannya pemerintahan, sesuatu hal yang sangat penting bagi kami untuk melihat seberapa jauh kemampuan suatu daerah dalam mengelola keuangannya secara tertib dan menindaklanjuti hasil penilaian dan evaluasi tersebut. Guna tercapainya pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik lebih tertib, efektif, efisien dan akuntabel.

“Baik buruknya suatu penyelenggaraan pemerintahan tidak bisa kita ukur hanya dengan melihat hasil dari peningkatan kesejahteraan masyarakat, indeks pembangunan manusia, maupun perkembangan infrastruktur suatu daerah saja, namun dalam pelaksanaannya kita harus tetap memperhatikan prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan yang merupakan azas umum dari pelaksanaan APBD itu sendiri khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah,”kata Bupati Touna.

Bupati katakan, terhadap hasil pemeriksaan atas LKPD Kabupaten Touna Tahun Anggaran 2022 yang Alhamdulillah Kabupaten Touna kembali mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk 11 tahun berturut-turut hal ini tentunya menjadi sesuatu yang sangat membanggakan sekaligus interospeksi bagi kami, untuk terus berkomitmen dalam perbaikan pengelolaan keuangan daerah dan tidak mengulangi kembali terhadap catatan dan koreksi hasil pemeriksaan di masa yang akan datang.

Dikesempatan ini saya mengapresiasi dan berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada BPK-RI perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah beserta seluruh jajarannya khususnya kepada para auditor, pengendali teknis maupun penanggung jawab yang tergabung dalam tim pemeriksa LKPD yang telah bekerjasama dan bersinergi dalam melakukan evaluasi maupun penilaian atas LKPD tahun anggaran 2022 ini.

“Adapun pada setiap tahapan pemeriksaan terdapat catatan saran maupun koreksi, hal tersebut kami maknai sebagai pelajaran yang sangat berharga untuk perbaikan dan peningkatan kualitas laporan keuangan maupun capaian kinerja pemerintah daerah kedepan terhadap hasil-hasil pemeriksaan yang masih membutuhkan tindak lanjut melalui,”jelasnya

Menurut Bupati, pemerintah daerah tetap berkomitmen untuk terus berupaya menindaklanjuti hal tersebut serta secara kontinyu akan memberikan laporan perkembangan terhadap tindak lanjut yang dimaksud.

pada kesempatan ini juga, mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh jajaran aparatur Pemerintah Daerah serta pihak dari BPK -RI perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah yang telah berkontribusi dan bersinergi dalam proses pemeriksaan atas LKPD tahun anggaran 2022, teristimewa kepada kepala perwakilan beserta jajarannya yang telah memberikan evaluasi arahan dan pembinaan dan kami sangat mengharapkan kerjasama dan pembinaan yang telah dilakukan tetap dan terus berlanjut di masa-masa yang akan datang.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait