Pemkab Trenggalek Munculkan Inovasi Layanan Saat Bulan Suci Ramadhan

  • Whatsapp

Trenggalek, beritalima.com –

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek selama bulan suci Ramadhan, munculkan inovasi bernama program “Makarya Ning Desa, Desa Hebat” (Mening Deh). Yakni, mendekatkan layanan pemerintahan dengan terjun ke desa-desa, setiap hari mulai Senin hingga Kamis selama Ramadhan ini.

“Baru tahun ini Safari Ramadhan kita juga melakukan safari pelayanan. Jadi Mening Deh yang biasanya setiap Rabu, saat ini kami bawa dalam rangkaian Safari Ramadhan,” kata Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin di Trenggalek, Sabtu, 8 April 2023.

Dirinya berharap, meski di bulan Ramadhan program layanan yang disediakan bersamaan seluruh jajaran OPD terkait kepentingan publik tersebut bisa lebih optimal dirasakan masyarakat.

Beberapa pelayanan publik yang bisa diakses, diantaranya pengurusan identitas kependudukan, pengurusan kode batang (barcode) solar bersubsidi, layanan kesehatan, hingga hal-hal kaitan dengan layanan bidang pertanian, peternakan atau lainnya.

Kegiatan dimaksud, adalah upaya nyata Pemkab Trenggalek dalam lebih mendekatkan pemenuhan hak warga khususnya ditengah momentum bulan Ramadhan. Selama empat hari dalam sepekan, ‘Program Mening Deh’ ini dihadirkan ke desa-desa secara bergantian mulai pukul 14.00 WIB dan hingga waktu berbuka untuk kemudian dilanjutkan dengan Safari Ramadhan jajaran Forkopimda.

“Daripada jauh-jauh ke kota (pusat pemerintahan). Apalagi di bulan puasa seperti ini. Jadi, dengan didekatkannya pelayanan ke tengah warga sambil nunggu ngabuburit kan bisa lebih efektif dan membantu,” imbuh Gus Ipin, sapaan akrabnya.

Selain itu, lanjut dia, disamping yang tersampaikan tadi masih ada juga pelayanan-pelayanan publik lainnya yang dihadirkan secara langsung. Sehingga, tidak akan membuang-buang waktu para pemohon layanan. “Oleh sebab itu, dengan digelarnya program Mening Deh dan Safari Ramadhan setiap hari diharapkan bisa benar-benar dirasakan manfaatnya,” pungkas Gus Ipin. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait