Pemkot Gelar Penguatan Komitmen Pimpinan Terhadap Pengembangan SP4N-LAPOR

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, menggelar kegiatan penguatan komitmen pimpinan terhadap pengembangan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Nasional (SP4N-LAPOR), di gedung GCIO, Jumat 1April 2022.

Kegiatan ini digelar, guna melaksanakan penguatan sumber daya manusia (SDM) pengelola SP4N- Lapor! Pemerintah Kota Madiun untuk meningkatkan profesionalisme SDM Pengelola SP4N- Lapor! dalam mengelola pengaduan masyarakat.

Kemudian membangun komunikasi, sinergitas dan partisipasi di internal pemerintah Kota Madiun terhadap penguatan pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional Lapor!

Berikutnya, meningkatkan sosialisasi terkait sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional (SP4N-Lapor!) kepada masyarakat, dan melaksanakan rencana aksi pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional Lapor! Pemerintah Kota Madiun Tahun 2021-2024 sebagaimana telah di undangkan melalui peraturan walikota Madiun Nomor 92 Tahun 2021

Sementara itu, Asisten Deputi Transformasi Digital Pelayanan Publik Kedeputian Bidang Pelayanan Publik Kementrian PAN RB, Yanuar Ahmad, menjelaskan, terwujudnya pelayanan pengaduan yang baik, diperlukan pembentukan SOP pengelolaan pengaduan yang mengacu pada regulasi/juknis yang sudah ditentukan.

“Kemudian penguatan partisipasi masyarakat. Kondisi ini dapat terjadi apabila masyarakan memahami, sadar, dan mengekspresikan keluhan dalam memperoleh pelayanan sebagai suatu hak pribadi dan kesadaran untuk berkontribusi dalam memperbaiki pelayanan,” terang Yanuar, yang menjadi narasumber secara virtual.

Berikutnya terkait sumber daya manusia (SDM). Yakni perlunya penguatan SDM berkompeten yang memiliki kesadaran melayani.

“Juga terkait teknologi. Perlu penguatan fasilitasi teknologi informasi yang memadai,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Madiun, H. Maidi, mengatakan, jika pihaknya bersama seluruh OPD, tiap hari Jumat selalu ‘belanja masalah’ dengan masuk gang keluar gang, guna mencari tahu apa keluhan warga.

“Kami bersama OPD, tiap hari Jumat naik sepeda untuk ‘belanja masalah’. Kami ingin tahu apa keluhan warga, dan kami carikan jalan keluar,” terang H. Maidi.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Sekda H. Soeko Dwi H, dan seluruh pimpinan OPD. Bahkan mereka, melakukan tandatangan bersama guna mendukung pengembangan SP4N. (Dibyo).
H. Maidi (kiri), Soeko Dwi H (kanan) atas, Yanuar (kiri) bawah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait