Pemkot Madiun Bantu Kuliahkan 731 Mahasiswa Dari Keluarga Kurang Beruntung

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Program Bantuan Beasiswa Mahasiswa (BBM) di Kota Madiun, Jawa Timur, terbukti membantu masyarakat kurang mampu. Karena itu, Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Pendidikan berupaya menambah kuota bantuan.

Hal itu disampaikan Walikota Madiun, H. Maidi, saat Apel Penerima Bantuan Beasiswa Mahasiswa Kota Madiun di Balaikota, Rabu 27 Juli 2022.

‘’Saat ini ada 731 mahasiswa yang dapat beasiswa. Nanti kita tambah jadi 1.000,’’ kata H. Maidi.

Kuota 1.000 tersebut akan terus dipertahankan. Artinya, saat 250 mahasiswa angkatan pertama yang mendapat program ini lulus, lanjutnya, akan ada 250 kuota pengganti untuk mahasiswa baru.

Walikota menyebut, dengan begitu ada ribuan mahasiswa kurang mampu yang terbantu program ini. Selain itu, sasaran program ini juga bagi mahasiswa yatim piatu.

‘’Tahun depan juga begitu. Setelah delapan tahun, berarti ada dua ribu mahasiswa yang telah kita bantu,’’ terangnya.

Maidi menambahkan, program BBM memang dikhususkan untuk warga kurang mampu. Salah satunya, harus sudah masuk Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Ia berharap, BBM dapat memberikan kesempatan yang sama bagi warga kurang mampu untuk mengenyam pendidikan tinggi.

‘’Kebodohan itu identik dengan kemiskinan. Makanya, untuk memutus rantai kemiskinan, masyarakat harus berpendidikan tinggi. Orang kurang mampu jangan dikasih uang, kasih dia pendidikan tinggi agar bisa mengangkat derajat keluarganya nanti,’’ tandasnya.

Syarat untuk mendapat BBM ini memang harus dari keluarga kurang mampu. Harapannya, agar memberikan kesempatan yang sama seperti mereka dari keluarga mampu. Program yang berjalan sejak 2019 tersebut sudah memberikan bantuan kepada 731 mahasiswa. Mereka mendapatkan Rp 6 juta setahun bagi yang berkuliah di wilayah eks karisidenan Madiun. Sedangkan mereka yang berkuliah di luar itu mendapatkan Rp 9 juta setahun. (Kmf/editor Dibyo).

H. Maidi (tengah) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait