Pemkot Madiun Gelar Pameran Olahan Ikan

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Ikan memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Karenanya, Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, mendorong masyarakat untuk gemar menkonsumsi ikan.

Salah satunya, dengan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun. Berbagai kegiatan mengemuka untuk mensosialisasikan Gemarikan ini. Mulai mancing bersama Forkopimda, Gelar Olahan Ikan, dan Penyerahan Produk Olahan ikan.

Sekda Kota Madiun, Rusdiyanto, berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat.

‘’Tingkat konsumsi ikan di kota kita masih cukup rendah. Yakni, 15,5 kilogram perkapita pertahun. Karenanya butuh upaya dan dorongan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat,’’ Rusdiyanto, saat kegiatan Pembukaan Gelar Olahan Ikan dan Simbolis Penyerahan Produk Olahan Ikan dalam rangka Gemarikan, Sabtu 26 Juni 2021.

Padahal, kandungan gizi dalam ikan cukup dibutuhkan tubuh. Karenanya, Pemkot Madiun mendorong lebih banyak lagi produk olahan ikan agar semakin digemari masyarakat, khususnya anak-anak.

Gelar olahan ikan bersama UMKM binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, juga terus dimaksimalkan. Salah satunya, melalui pendampingan dan pelatihan, pameran, hingga perlombaan.

Selain itu, potensi perikanan juga perlu ditingkatkan. Hasil produksi tangkap perikanan perairan umum di Kota Madiun setidaknya mencapai 87,8 ton per tahun. Sedang, hasil perikanan budidaya mencapai 275,3 ton pertahun.

Sekda menyebut, berbagai program diberikan guna mendorong dan meningkatkan kesejahteraan petani ikan tersebut. Mulai bantuan bibit hingga pakan.

‘’Peningkatan konsumsi dan produksi ikan ini butuh pemikiran kita bersama. Karenanya, berbagai kegiatan terus dilakukan guna mewujudkan hal tersebut,’’ jelasnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun, Muntoro Danardono, mengatakan, kegiatan Gelar Olahan Ikan terbagi dalam dua tahap. Yakni, 26-27 Juni di Lapak UMKM Donopuran dengan diikuti 15 UMKM, dan pada 2 Oktober di Lapangan Olahraga Gulun dengan diikuti 20 UMKM produk olahan ikan binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

‘’Pada prinsipnya pemerintah terus berupaya mendorong masyarakat untuk gemar menkonsumsi ikan dan pelaku usaha perikanan untuk meningkatkan produksinya,’’ ucap Muntoro.

Dalam kegiatan ini, juga diserahkan 720 paket olahan ikan kepada stunting, balita, pelajar, ibu hamil, ibu menyusui, dan lansia dari tiga kecamatan. (Sumber Diskominfo/editor: Dibyo).
Rusdiyanto (atas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait