Raih Gelar Doktor, Sekretaris DPRD Provinsi Jatim Ingin Berikan Pelayanan Yang Lebih Baik

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Setelah lama berjuang untuk meningkatkan sektor pendidikan S-3 nya, sekretaris DPRD Provinsi Jawa Timur, Drs. Andik Fadjar Tjahjono MSi akhirnya berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Sosial pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Airlangga Surabaya. Dengan gelar baru tersebut, DR. Drs. Andik Fadjar Tjahjono, MSi, mengaku bahwa penantian dan perjuangan yang panjang berakhir menjadi hari bahagia, yakni saat Andik diwisuda yang dilakukan secara metode blanded pagi ini, bertempat di ruang kerjanya, Sabtu (26/6/2021).

Andik mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT, karena mampu menyelesaikan studi S-3 nya di Universitas Airlangga.

“Lega rasanya,” terangnya seraya tersenyum lebar.

Andik menuturkan, proses studinya dinilai cukup lama karena kesibukan dan tugas lain yang diembannya. Namun berkat semangat dan dukungan yang baik dari pihak keluarga, akhirnya proses jenjang pendidikan S-3 nya bisa diselesaikan.

“Alhamdulillah keluarga sangat mendukung, termasuk ada beberapa mata kuliah yang harus bertemu pakar atau narasumber di berbagai tempat,” sambung mantan kepala bidang kelembagaan Dinas koperasi dan UMKM provinsi Jatim ini.

Lebih jauh Andik mengisahkan, bahwa pendidikan program S-1 nya diselesaikan di Universitas Airlangga dengan mengambil jurusan Ilmu Politik. Setelah lulus S-1 di tahun 1985, pihaknya melanjutkan S-2 di Universitas Gajahmada Jogyakarta. Lalu kembali lagi ke Unair untuk melanjutkan studi program S-3.

Andik mengatakan bahwa disertasinya tentang “Relasi Antara Koperasi Serba Usaha Setia Budi Wanita dengan Pemerintah Pada Periode Tahun 2009 – 2019”, suatu studi tentang respon suatu sektor usaha terhadap kebijakan publik. Dengan promotor Prof.Dr. Musta’in, Drs. M.Si.

Andik menambahkan, dari disertasi itu pada aspek kebijakan publik atau aspek sosialnya dapat diterapkan pada semua lembaga pemerintahan, termasuk di Sekretariat DPRD provinsi Jatim.

“Lebih pada aspek sosialnya,” lanjutnya.

Menurut Andik pada bidang Koperasi, yang didukung dari pengalamannya sebagai Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, maka Andik merasakan banyak kemudahan yang bisa dilakukan.

Pada bidang kerjanya di Sekretaris DPRD Jatim, Andik menyebutkan akan terus berupaya lebih baik dalam memberikan pelayanan sosial masyarakat. Termasuk kepada para anggota dewan.

“Kami memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat atau anggota dewan yang memerlukan bantuan,” paparnya.

Atas kinerjanya yang terus meningkat itulah, Andik memperoleh beberapa penghargaan. Yang terbaru adalah penghargaan dari Kanwil Kemenkumham Jatim dalam bekerjasama dengan Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) BPHN pada 8 Desember 2020.

Andik dilantik sebagai Sekretaris DPRD Provinsi Jatim oleh Gubernur Khofifah pada 19 Desember 2019 yang lalu. Sosoknya ini banyak disenangi oleh kawan-kawan khususnya alumni FISIP Unair. Ini terbukti saat Andik terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) FISIP Unair pada periode 2017-2021.

Dalam pergaulan sehari-hari, Andik dikenal sangat supel dan familiar dengan semua kalangan. Sedangkan hubungan dengan awak media, pria kelahiran Madiun 17 September 1966 ini sudah tidak asing lagi. Karena sebelum menjabat sebagai Sekretaris DPRD provinsi Jatim, Andik pernah menjabat sebagai Kabag Protokol di Biro Humas Protokol Setda Provinsi Jawa Timur.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait