Pemkot Madiun Perkuat Humas Dalam Komunikasi Krisis di Masa Pandemi

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, menyelenggarakan kegiatan “Penguatan Peran Strategis Humas Pemerintah Daerah Dalam Komunikasi Krisis di Masa Pandemi Covid-19, di Government Chief Information Officer (GCIO) Dinas Kominfo, Senin 12 April 2021.

Kegiatan ini, selain menghadirkan walikota Madiun sebagai narasumber, juga mengundang pakar komunikasi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Suko Widodo.

Walikota Madiun, H. Maidi, mengatakan, jika informasi yang disampaikan kepada masyarakat melalui Dinas Kominfo atau humas, salah tiga kata saja, akan menjadi masalah. Karena itu, ia meminta agar Dinas Kominfo atau humas menyajikan informasi apa adanya, seperti saat.

“Salah berita, salah kehumasan tiga kata saja, bisa jadi masalah. Karena itu, peran strategis humas atau Dinas Kominfo dalam komunikasi Krisis di era pandemi Covid-19, sangat penting. Selama ini Kominfo sudah bagus menyajikan informasi untuk teman teman (wartawan) yang kemudian disampaikan kepada masyarakat,” ucap H. Maidi.

Pun demikian terkait pelayanan publik di Kota Madiun, lanjutnya, selama ini Pemkot juga menyampaikan apa adanya. Termasuk kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun masyarakat. Juga hasil pembangunan selama ini.

“Artinya apa, kalau disampaikan apa adanya, orang tidak akan kecewa. Apabila kita sampaikan apa adanya, orang yang datang kesini akan senang. Tapi kalau beritanya mengada-ada, orang yang datang kesini kecewa, tidak akan kembali lagi. Ini yang harus kita jaga bersama dengan benar,” paparnya.

Walikota juga menghimbau, kalau ada masukan atau saran dari masyarakat maupun media terkait pembangunan dan lainnya, agar disampaikan pula apa adanya, dan tidak mengada ada.

“Masukkannya seperti apa, kalau ada saran, sarannya seperti apa, sampaikan saja apa adanya. Kita terbuka demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat Kota Madiun,” tuturnya.

Pakar komunikasi dari Unair, Suko Widodo, yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut, mengapresiasi Pemkot Madiun yang menyampaikan informasi kepada masyarakat, apa adanya. Karena hal ini, menguntungkan Pemkot di mata publik.

“Pak Walikota (H. Maidi) beserta jajaran, sudah tepat dengan caranya yang ‘blak kotang’ (terbuka) kepada masyarakat, tanpa ada yang ditutup tutupi. Ini komunikasi yang bagus,” kata Suko Widodo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun, Subakri, mengatakan, kegiatan ini selain menjalin sinergitas humas pemerintah di lingkungan Pemkot Madiun, juga untuk meningkatkan peran aktif humas pemerintah daerah dan meningkatkan peran proaktif humas pemerintah daerah dalam menjalankan komunikasi di masa Covid-19 agar penyampaian informasi lebih efektif.

“Selain itu, juga menjalin hubungan baik antara pemerintah dengan masyarakat agar penyampaian informasi lebih efektif. Humas dituntut untuk beradaptasi. Humas juga harus mengoptimalkan teknologi digital agar semua informasi sampai ke masyarakat,” terang Subakri.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Ketua DPRD Andi Raya, Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka D, SIK, pimpinan OPD, serta Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo R. Juvita Rosa. (Adv/Dibyo).

H. Maidi (kiri atas), Suko Widodo (kiri bawah).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait