Pemprov Jatim Siap Gelar Piala Gubernur 2020

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan kesiapanpenyelenggaraan Piala Gubernur Jatim yang akan digelar pada 10 – 20 Februari 2020mendatang. Penyelenggaraan turnamen tersebut merupakan inisiasi Gubernur Jatim Khofifah IndarParawansa sebagai janjinya kepada masyarakat Jawa Timur untuk melangsungkaneven sepak bola di bumi Majapahit.

“Hal ini adalah janji Ibu Gubernur untuk mengadakan even sepak bola di Jawa Timur,”jelas Sekretaris Daerah Jatim Heru Tjahjono dalam konferensi pers terkait pelaksanaanPiala Gubernur 2020 di Gedung Negara Grahadi, Kamis (6/2) sore.Lebih lanjut Sekdaprov Heru menyampaikan, penyelenggaraan Piala Gubernur 2020tahun ini diselenggarakan kembali untuk pertama kalinya setelah terakhir digelar pada2014.

Dengan diselenggarakannya Piala Gubernur, maka akan memberikan hiburanbagi masyarakat pecinta sepak bola di Jatim.

“Namun karena pada 2020 Piala Presiden ditiadakan, sehingga Jatim berinisiatif untukmenghidupkan lagi Piala Gubernur yang terakhir diselenggarakan pada 2014,” jelasSekdaprov Heru.

Selain itu penyelenggaraan Piala Gubernur 2020 diharapkan bisa menjadi sarana bagiklub-klub di Jatim untuk mempersiapkan diri sebelum memulai kompetisi liga Imendatang.

Sementara itu, melalui Sekdaprov Heru, Pemprov Jatim menyatakan telahberkoordinasi langsung dengan kepala daerah masing-masing untuk menentukan lokasistadion. Mulai persiapan baik sarana maupun prasarana baik di luar maupun di dalam stadion. Ditambahkan Sekdaprov Heru bahwa untuk mengawali jalannya kompetisi akandilakukan penandatangan Fakta Integritas Persatuan Sport Perdamian yangrencananya akan dilakukan pada 9 Februari 2020. Sementara itu, ajang Piala Gubernur Jatim 2020 akan mempertandingkan total delapanklub yang terdiri dari Madura United, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Arema FC,Persela Lamongan, Bhayangkara FC, Persija Jakarta serta Sabah FA Malaysia.Kedelapan klub tersebut dibagi dalam dua grup. Grup A terdiri dari Madura United, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, danBhayangkara FC. Keempat klub tersebut akan melakukan laga di Stadion GeloraBangkalan, Madura. Sementara Grup B dihuni tuan rumah Arema FC ditambah PersijaJakarta, Persela Lamongan, dan Sabah FA. Pertandingan penyisihan Grup B akandihelat di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang.Juara pertama dari kompetisi ini akan mendapatkan piala bergilir dan uang pembinaansebesar Rp. 300 juta.

Sedangkan juara kedua mendapatkan uang pembinaan sebesarRp. 200 juta. Dirinya juga menyampaikan harapan agar pelaksanaan Piala Gubernur 2020 ini bisamemberikan dampak positif bagi masyarakat. Mulai dari mempererat kesatuan suporterhingga meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar stadion penyelenggaraan.

Ikut mendampingi Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono yakni Kadispora Jatim Supratomo,Ketua Panpel Piala Gubernur/Sekretaris Assosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim AmirBurhanudin dan Ketua Asprov PSSI Jatim M. Riyadh.

(rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait