PENAS Tani Nelayan XVI 2020 Digelar Di Sumbar, Padang Siap Jadi Tuan Rumah!

  • Whatsapp

PADANG,beritaLima — Kesiapan Kota Padang mewakili Sumatera Barat sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI Tahun 2020 dipaparkan Wali Kota Padang Mahyeldi pada Rembug Madya Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional di Hotel Kyriad Bumi Minang, Jumat (17/2/2017). Acara tersebut diikuti oleh KTNA seluruh Indonesia.

Dijelaskan Mahyeldi, sebagai Ibu Kota Sumatera Barat, Kota Padang memiliki sektor pendukung, baik sarana maupun prasana dalam pelaksanaan iven nasional dan internasional. Seperti, jumlah kamar hotel sekitar 3000 (tiga ribu) kamar, jarak dari Bandara Internasional Minangkabau yang begitu dekat ke lokasi acara, serta sarana transportasi yang lengkap dan lancar. Disamping itu, Kota Padang juga telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai pusat wisata kegiatan pertemuan, atau meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE).

Kesiapan Kota Padang diwujudkan dalam bentuk Kesepakan Bersama antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan Pemerintah Kota Padang tentang pelaksanaan PENAS Tani Nelayan XVI Tahun 2020, yang ditandatangani langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Wali Kota Padang Mahyeldi pada acara Rembug Madya KTNA tersebut.

Direncanakan, lokasi pembukaan PENAS Tani Nelayan XVI di GOR H. Agus Salim, dan gelar teknologi pertanian di Pangkalan Udara Sutan Sjahrir.

Seperti diketahui, PENAS Tani Nelayan merupakan forum pertemuan petani nelayan dan petani hutan sebagai wadah kegiatan belajar mengajar, tukar-menukar informasi, pengalaman serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama antara petani nelayan dan petani hutan, peneliti, penyuluh, pihak swasta dan pemerintah, sehingga dapat membangkitkan semangat, tanggungjawab serta kemandirian sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Dikesempatan itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menjelaskan, propinsi Sumbar merupakan daerah yang sangat potensial dibidang pertanian dan kelautan, oleh sebab itu, Sumbar akan sungguh-sungguh mempersiapkan iven nasional tersebut agar hasilnya maksimal.

“Kita akan hadir untuk mempelajari PENAS Tani Nelayan XV tahun 2017 di Kota Banda Aceh, agar nantinya kita benar-benar siap sebagai tuan rumah,” ujar Irwan. 

(rel/rki)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *