Peningkatan Kapasitas Aparatur Panwascam Bawaslu Touna Gelar Bimtek

  • Whatsapp

TOUNA -Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tojo Una-una menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) peningkatan kapasitas aparatur pengawas bagi Panwaslu Kecamatan pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang dilaksanakan selama dua hari.

Usai kegiatan Ketua Bawaslu Touna, Abas saat dikonfirmasi diruang kerjanya baru-baru ini mengatakan bahwa pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) sementara berjalan dan berakhir pada 14 Maret 2024. Pihaknya akan melaksanakan evaluasi dari hasil pengawasan verifikasi faktual tersebut.

“Dalam hal ini KPU melalui Pantarlihnya dan Bawaslu melalui Pengawas Desa, dengan proaktif memberikan data-data berupa KTP dan KK, untuk dipastikan bahwa masyarakat yang sudah memenuhi syarat didaftar dalam daftar pemilih,”kata Abas.

Menurut Abas, untuk pengawasan coklit, kami memberikan penguatan dan berkoordinasi serta bekerja sama dengan Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) bersama PPS yang memutakhirkan data, atau mencoklit di tingkat desa dan kelurahan.

“Untuk tahapan berikutnya, Bawaslu Touna terus memberikan peningkatan kapasitas bagi jajaran pengurus dalam menghadapi tahapan-tahapan, yaitu berupa tahapan pencalonan, kemudian juga kami akan melaksanakan sosialisasi maupun Bimtek terhadap jajaran dalam rangka menghadapi tahapan berikutnya, jelasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Touna, perwakilan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Touna serta diikuti peserta 12 kecamatan Ketua dan Anggota Pengawas Kecamatan sebanyak 48 orang

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait