Peran Lobak Putih Dalam Makanan?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Siapa yang tak kenal lobak putih dalam makanan kita sehari hari,setiap masakan rata rata ketemu ada lobak putih Di Eropa lobak sering digunakan sebagai bahan pembuat salad. Sedangkan di India, lobak biasanya dipakai sebagai penambah rasa pada kari. Di Jepang dan Korea, lobak diawetkan dengan cara dibuat acar. Banyak pula yang mengonsumsi lobak dengan cara membuatnya menjadi jus.

Lobak merupakan sayuran renyah yang bisa kamu tambahkan dalam menu makananmu untuk ginjal yang sehat. Hal ini karena lobak memiliki kandungan kalium yang rendah, tapi kaya akan fosfor dan nutrisi penting lainnya.

Lobak putih memiliki nama latin raphanus sativus var. Longipinnatus. Nama lain lobak putih adalah daikon atau lobak Jepang. Sayuran ini tumbuh subur di dataran rendah atau pegunungan di Indonesia. Lobak putih yang kaya akan kandungan serat dan vitamin C. Ada banyak manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh, dan salah satunya adalah mencegah risiko penyakit kanker. Selain serat dan vitamin C, lobak putih juga mengandung nutrisi lain yang tidak kalah penting, yaitu protein, vitamin B, dan kalium. Kandungan nutrisi ini dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama dalam menjaga daya tahan tubuh.

Salah satu manfaat lobak putih adalah kehadiran antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Lobak memiliki sumber antioksidan seperti pirogalol, asam vanilat, dan senyawa fenolik lainnya.Kandungan lobak putih terdiri dari kalsium, magnesium, potassium, dan tembaga. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan pertumbuhan, serta perbaikan jaringan. Kandungan vitamin B baik untuk perkembangan sel darah merah, sintesis DNA, pertumbuhan sel.Lobak putih baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung folat. Nutrisi ini berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Berikut manfaat lobak putih untuk kesehatan:

MANFAAT LOBAK PUTIH
1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
2. Menurunkan berat badan
3. Menjaga dari penyakit kronis
4. Menjaga kulit tetap sehat
6. Meningkatkan kesehatan tulang
7. Sifat Antimikroba
8. Menyehatkan pencernaan
9. Menyehatkan ginjal
10. Mencegah potensi antikanker.
11.Meredakan sakit tenggorokan
12. Membantu melawan infeksi jamur
1 3. Menstabilkan kondisi penderita diabetes

Penggunaan lobak putih untuk mengobati kanker telah lama dilakukan di beberapa negara Asia, terutama di Korea. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa lobak putih mengandung isotiosianat, yang dapat membunuh sel-sel kanker serta mencegah pertumbuhan sel kanker.
Secara umum, lobak putih relatif aman untuk dikonsumsi. Namun bila terlalu banyak, sayuran ini dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Ibu hamil juga masih diperbolehkan mengonsumsi lobak putih, asal tidak berlebihan. Tetapi orang yang memiliki batu empedu, tidak disarankan untuk mengonsumsi sayuran ini.
Demikian sekilas info,semoga menambah wawasan untul lobak putih terimakasih
Roberto News 1670:《27.3.23 (07.55)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait