Apa Itu FENGSHUI Menentukan Nasib Kita ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR,dr. Robert Arjuna FEAS *
Om Halim sedang bangun rumah datangi seorang ahli Fengshui dari Taiwan,tentang letak kamar
posisi ranjang, meja makan, dapur ,kamar mandi dan lain lain, Fengshui bagi sebagian masyarakat
Tionghoa sangat percaya termasuk saya posisi duduk berbicara sama orang ,posisi toko hadap ke arah mana. Suatu saat saya sedang terbang ke Hongkong iseng bicara sama kursi sebelah mereka berempat juga ke HK dan saya tanya mau ke HK bisnis, mereka spontan jawab mau ketemu ahli fengshui terkenal di dunia karena mau bangun pabrik textil, saya tertekun oh rupanya sama satu frekwensi langsu g ngobrol sampai HK yang menyita 5-6 jam perjalanan, jadi FengShui itu penting, saya ajak berbahas…..

PENGERTIAN FENG SHUI
Feng shui berasal dari bahasa Mandarin dan terdiri atas dua kata, feng dan shui.
1. Feng artinya angin
2. Shui merupakan air.

Fengshui rumah adalah suatu kepercayaan dimana ada suatu hubungan antara manusia dengan huniannya yang telah diyakini oleh banyak orang, terutama oleh masyarakat China kuno. Fengshui merupakan ilmu yang diwariskan oleh masyarakat Tionghoa untuk mengatur keseimbangan kehidupan manusia dengan lingkungan sekitarnya

SEJARAH FENGSHUI
Feng Shui adalah konsep kuno yang berasal dari Tiongkok dan telah memiliki sejarah setidaknya selama 3.000 tahun yang lalu dan bahkan konsep ini mungkin telah digunakan sejak 6.000 tahun lalu. Konsep Feng Shui berkaitan dengan tata ruang bangunan dan ruang dan juga penempatan barang dalam suatu lingkungan untuk mencapai keselarasan dan keseimbangan. Feng Shui sendiri berasal dari kata “Feng” yang dalam bahasa tiongkok berarti ‘angin’ dan “Shui” yang diartikan sebagai ‘air’ sehingga jika digabung maka fengshui berarti “jalan angin dan air.”

Konsep Feng Shui rumah bermula sejak awal ketika orang ingin memelihara hewan ternak dan bercocok tanam. Konsep Feng Shui awalnya digunakan untuk
1. Mengidentifikasi tempat tinggal yang aman di mana keluarga bisa berkembang
2. Mendapat keberuntungan
3. Menemukan tempat pemakaman terbaik untuk kerabat keluarga
Tetapi seiring berjalannya waktu, konsep ini digunakan dan menjadi bagian dari seni desain interior pada tata letak dan penataan bangunan rumah modern.

Ini sejalan dengan inti feng shui yang memanfaatkan energi (chi) tidak terlihat dari alam. Feng shui adalah seni dan ilmu yang diwariskan turun temurun pada masyarakat Tionghoa Kuno. Mereka menggunakan feng shui dalam menata bangunan atau ruangan yang ada pada suatu lingkungan.Bagi orang tak percaya namum bagiku sangat percaya.membangun rumah ketak gerbang pintu,kamar tidur, posisi ranjang, meja makan, kamar mandi, latak dapur harus disusun sesuai dengan FengShui agar hidup nyaman bahagia dan lancar membawa keberuntungan hakiki.

ASAL USUL FENG SHUI
Fengshui merupakan ilmu yang diwariskan oleh masyarakat Tionghoa untuk mengatur keseimbangan kehidupan manusia dengan lingkungan sekitarnya. Lalu, bagaimana feng shui rumah yang benar agar mendatangkan rezeki serta kebahagiaan bagi orang yang tinggal di dalamnya?

Waktu saya bangun rumah segala tata retak udah diperhitungkan yakni gerbang pintu dapan, pintu kamar mandi ,pintu kamar tidur,letak dapur dan WC agar kita tinggal aman dan damai serta m3mbwwa keuntungwn. Fengshui rumah merupakan ilmu topografi kuno yang berasal dari Tiongkok yang diyakini bahwa ada hubungan antara manusia, langit, dan bumi yang dapat dijalin dengan harmonis apabila manusia ingin menerima energi positif (chi) dan menghindari energi negatif. Fengshui adalah feng (angin) dan shui (air), dua unsur ini dianggap sebagai kebutuhan hidup paling penting bagi manusia. Sehingga, ilmu topografi kuno ini pada dasarnya mengatur keseimbangan unsur penting dalam hidup manusia. Energi positif (chi) dan energi negatif dalam fengshui diyakini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah tata letak hunian seseorang.

Tempat tinggal harus menjadi tempat paling nyaman setelah beraktivitas seharian. Karena itu, rumah harus dirancang sebaik mungkin agar memberikan kebahagiaan, kesehatan, kenyamanan, serta keberuntungan bagi para penghuninya. Dengan menerapkan panduan fengshui yang tepat, maka akan terwujud rumah yang nyaman dan sehat bagi keluarga.

TIP MENDATANGKAN KEBERUNTUNGAN
Menurut Feng Shui, rumah yang paling tepat adalah rumah yang menghadap selatan. Adapun rumah yang menghadap utara cukup menguntungkan untuk mereka yang tinggal di daerah iklim panas dan gersang. Dengan penempatan ini, sinar matahari menjadi redup sehingga rumah semakin nyaman untuk ditinggali selama musim panas

Memiliki hunian yang sehat dan nyaman menjadi dambaan bagi banyak orang. Ketika membangun atau membeli rumah, sobat AESIA dapat menerapkan aturan fengshui. Fengshui digunakan sebagai panduan untuk memperlancar rezeki atau mendatangkan hoki bagi para penghuninya.
Berikut ini ada panduan membangun atau merenovasi rumah sesuai panduan fengshui :
1. Menggunakan Warna yang Mendatangkan Rezeki
2. Meletakkan Simbol Rezeki di Ruang Tamu
3. Membuat Ruang Terbuka yang Luas dengan Sedikit Perabotan
4. Menempatkan Aliran Air dalam Ruang
5. Memasang Kaca di Dalam Ruangan
6. Membuat Area Kekayaan di Suatu Ruangan
7. Kamar Tidur Jangan Berhadapan dengan Kamar Mandi

Konsep Feng Shui rumah adalah metode untuk memberikan keseimbangan aliran yin dan yang, dengan meningkatkan aliran chi melalui pengaturan tata letak furnitur, dekorasi, bangunan, dan bahkan seluruh bagian bangunan dengan letak yg dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan. Pada jaman dahulu, orang tiongkok percaya bahwa dengan mengatur tata letak ruangan dan bentuk ruangan, bisa menciptakan aliran chi positif sehingga memberikan dampak pada kesehatan yang baik, peningkatkan hubungan interpersonal, dan membawa keberuntungan serta kemakmuran.

Prinsip Feng Shui rumah juga berfokus pada lima elemen kehidupan yaitu tanah, logam, air, kayu, dan api. Sementara masing-masing elemen tersebut dapat dipahami dalam konteks penggabungan elemen ke dalam rumah, dimana masing-masing penggabungan ini akan menghasilkan emosi, warna, bentuk yang berbeda pada konsep ‘Bagua’ (peta area energi)

Feng Shui pada hunian. Intinya, kelima elemen ini harus disesuaikan dengan tampilan, desain dan tata letak dalam interior rumah untuk menciptakan aliran chi terbaik.”Bagua” di dalam Feng Shui rumah adalah kerangka konsep dimana terdapat 8 aspek pokok yang dapat mempengaruhi aspek kehidupan Anda yaitu
1. Kekayaan
2. Reputasi/terkenal
3. Cinta
4. Keluarga
5. Anak-anak
6. Pengetahuan
7. Karir atau pekerjaan
8. Orang-orang yang membantu Anda

Posisi yang teratur adalah salah satu faktor fundamental dalam Feng Shui rumah. Sangat penting bahwa tempat tidur, meja, dan kompor semuanya tertata, karena masing-masing barang ini mewakili aspek penting dalam hidup Anda, misalnya
1. Tempat tidur mewakili diri Anda
2. Kompor mewakili kekayaan dan sumber daya Anda
3. Meja mewakili karier dan jalan hidup Anda.

Untuk mengatur tempat tidur, meja, atau kompor, Anda dapat menemukan lokasi yang tepat ketika saat sedang duduk di meja atau berbaring di tempat tidur atau memasak tetapi dapat melihat pintu tanpa harus berada segaris dengan jalur pintu.
Demikian ulasan singkat tentang pengetahuan Fengshui, semoga menjadi pedoman dalam kehidupan kita di masyarakat majemuk kita.terimakasih.
RobertoNews 1792 《18.4.24 (07.30》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait