Perbedaan Toyota FT 86 vs Subaru BRZ

  • Whatsapp

beritalima.com – Baru-baru ini jagat maya, khususnya di kalangan pecinta otomotif Indonesia dihebohkan dengan hadirnya 2 mobil sedan sport terbaru. Kedua mobil sport sedan tersebut tergolong memiliki kemiripan yang cukup banyak. Lalu apa kedua jenis mobil sedan sport tersebut?

Dua mobil sedan sport tersebut adalah Toyota FT 86 dan Subaru BRZ. Tidak hanya desain body nya yang hampir serupa saja, namun spesifikasi Toyota FT 86 dan Subaru BRZ ini juga hampir mirip satu sama lainnya. Perbedaannya hanyalah terletak pada dimana kedua mobil tersebut dipasarkan.

Ya karena kedua mobil tersebut dikembangkan bersama antara Toyota dan Subaru, maka segala gubahan yang dilakukan untuk kedua jenis mobil ini juga nyaris serupa. Perbedaan yang bisa dilihat secara kasat mata mungkin hanya kosmetik alias aksesoris saja, seperti aero kit dan perlengkapan penunjang kenyamanan berkendara.

Karena Toyota FT 86 dan Subaru BRZ ini memiliki desain body yang sama, sistem transmisi yang sama dan mesin yang sama pula, mungkin sebagian banyak dari kalian bingung ingin meminang yang mana bukan? Apalagi jika kalian membandingkan lebih dengan spesifikasi suspensi dan sistem pengemudian antara kedua jenis mobil ini.

Untuk merasakan perbedaan dari kedua mobil kembar ini selain dilihat dari bentuk dan mereknya, kalian hanya perlu menjajalnya saja secara langsung. Karena sebuah mobil sport dengan penggerak roda belakang seperti Toyota FT 86 dan Subaru BRZ ini akan terasa perbedaannya ketika dikendarai dengan berbagai manuver sekaligus.

Spesifikasi Toyota FT 86 VS Subaru BRZ

Jika kalian mau membedakan secara detail lagi, perbedaan antara kedua mobil ini akan terlihat secara signifikan ketika kalian melihat bentuk  lampu utamanya. Kalian juga bisa membedakannya dengan melihat fender vent yang terpasang pada Toyota FT 86 yang berjumlah dua buah, sedangkan pada Subaru BRZ hanya terpasang satu saja. Selain itu, Subaru BRZ menerapkan boot spoiler berbahan alumunium sebagai piranti standar, sedangkan Toyota FT 86 tidak.

Kemudian kita lanjut melihat bagian cabin dari masing-masing mobil sedan sport ini. Jika dilihat secara global, spesifikasi Toyota FT 86 dan Subaru BRZ pada bagian interior terlihat sama. Yang membedakan hanyalah pada desain trim, warna, emblem, fitur entertainment dan beberapa aksesoris tambahan lainnya. Jika dilihat pada panel layar di dashboard, Subaru BRZ memiliki layar berukuran 4,2 inch pada sisi kanan, dan hal ini hanya dimiliki oleh Toyota FT 86 limited type.

Kemudian perubahan yang signifikan dari gubahan bersama kedua mobil ini adalah penambahan tenaga mesin. Spesifikasi Toyota FT 86 dan Subaru BRZ ini ditambahkan tenaga sebesar 5 HP dan torsi 5 lb-ft dengan gearbox manual 6 speed. Dengan spesifikasi yang telah digubah tersebut, kedua mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 205 HP dan torsi 156 lb-ft, namun untuk versi automatic masih menggunakan versi lama yang mampu menghasilkan 200 HP dan 151 lb-ft. Oiya, satu hal lagi yang membedakan spesifikasi Toyota FT 86 dan Subaru BRZ ini adalah velg bawaan dari kedua brand tersebut, dimana Toyota FT 86 menyematkan velg 16 inch sedangkan Subaru BRZ menyematkan velg 17 inch. Untuk anda yang tertarik dengan Toyota FT86 bisa kunjungi langsung ke Auto2000.

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *