Percepat Herd Immunity, Pemkab Madiun Lakukan Vaksinasi ke Semua Masyarakat, Termasuk ODGJ

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Arahan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 agar segera terbentuk herd immunity (kekebalan kelompok), langsung direspon oleh Pemkab Madiun, Jawa Timur.

Melalui Dinas Kesehatan, dilakukan vaksinasi terhadap lansia berkebutuhan khusus dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), di Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan, Sabtu 21 Agustus 2021.

Untuk memudahkan penerima vaksin, pelayanan dilakukan dari rumah ke rumah. Sedangkan vaksin yang diberikan yakni jenis Sinopharm.

Petugas Kesehatan UPT Puskesmas Dagangan, Indah, mengatakan, vaksinasi untuk lansia berkebutuhan khusus dan ODGJ, akan dilakukan di sembilan desa di Kecamatan Dagangan.

“Teknisnya sama dengan vaksinasi pada umumnya, seluruh ODGJ yang divaksin menjalani screening sampai observasi pasca vaksin,” jelas Indah.

Menurut lagi, para lansia berkebutuhan khusus dan ODGJ juga memiliki hak yang sama dalam memperoleh vaksin.

“Hal ini untuk membantu mencapai dan terbentuknya herd immunity. Sebelumnya, hal serupa juga dilakukan di Desa Sukosari,” tambahnya.

Berdasarkan dari Dinas Sosial Kabupaten Madiun, hingga saat ini ada sekitar 150 ODGJ yang sudah divaksin, dari jumlah total binaan yang mencapai 2.022 orang. (Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait