beritalima.com

Perempuan Tani HKTI Situbondo Sah, Komitmen Pertanian Organik di East Side of Paradise

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Akhirnya DPK Perempuan Tani Kabupaten Situbondo resmi dilantik oleh DPP Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Jawa Timur, Dr. Lia Istifhama, pada Selasa (1/12/20) di Biru Daun Situbondo. Hadir pula Plh. Bupati Situbondo, H. Saifullah, sekertaris HKTI Provinsi Jawa Timur Budi Agustomo, Kapolres Situbondo, dan Dandim Situbondo.

Kehadiran para tamu tersebut menandakan jika acara pelantikan yang dilangsungkan DPK Perempuan Tani Kabupaten Situbondo berjalan sukses dan lancar.

Lia Istifhama berharap selepas pelantikan ini, DPK Perempuan Tani Kabupaten Situbondo semoga bisa lebih berkembang lagi dengan semangat perempuan tani. Karena perempuan tani selama ini juga turut aktif membantu memperlancar roda perekonomian di Situbondo.

“Saya berharap semoga selepas ini, Situbondo melanjutkan semangat almarhum pak Dadang (mantan Bupati) untuk menguatkan sinergitas sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata. Situbondo memiliki banyak potensi, terutama disebabkan kepemilikan wilayah pesisir pantai. Maka tak heran menjadi east side of paradise. Pak Dadang sendiri, juga telah membuat berbagai strategi yang luar biasa, diantaranya penguatan sorgum, pola ekober (ekonomi kebersamaan) dengan petani muda, dan pertanian organik,” tuturnya, selepas pembacaan SK Pengurus oleh Umiyati, ketua OKK PTHTI Jatim.
Aktivis yang termasuk dalam 22 tokoh muda Jatim inspiratif versi Forum Jurnalis Nahdliyyin tersebut, menambahkan pentingnya peran “CANTIK” perempuan.

“Tentu, aspek cantik, yaitu cerdas, inovatif, dan kreatif, akan sangat berperan mewujudkan Situbondo semakin hebat. Kami sangat berharap ibu Esyi selaku ketua terlantik, bukan hanya tetap mampu bersinergi dengan pemkab Situbondo, melainkan juga dengan DPN dengan ketua umum ibu Dian Novita Susanto, dan DPP yaitu kami di Jawa Timur”.

beritalima.com

Saifullah selaku Plh. Bupati Situbondo turut mengapresiasi acara pelantikan itu. Ia berharap agar para perempuan tani mampu menjadi sosok percontohan di Situbondo, terutama soal ekonomi pertanian.
“Pertanian organik menjadi salah satu keunggulan kami, itu sebabnya almarhum pak Dadang telah menggalakkan peternak sapi yang mana ini memberikan dampak terhadap kesuburan lahan pertanian. Sistem ekober pun akan tetap kami lanjutkan karena peran petani muda sangat penting untuk menekan angka pengangguran”.

Di samping itu, para perempuan anggota DPK Perempuan Tani Kabupaten Situbondo diharapkan bisa menjadi pembimbing dan percontohan bagi para petani di tempat tinggalnya.

Esyi Lussanti sebagai ketua Perempuan Tani Situbondo mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu yang hadir. Ia tak lupa meminta dukungan dari semua kalangan untuk membantu setiap program kerja yang nantinya akan dijalankan.

Esyi juga mengatakan “pelantikan ini merupakan titik awal perempuan tani Situbondo bangkit. Ia berjanji akan membawa Perempuan Tani Situbondo ke depannya bisa lebih bersinergis dan kompak satu sama lain. Pesan almarhum pak Dadang untuk membangun Situbondo sebagai east side of paradise yang subur, pasti kami teruskan,” jelasnya.

Foto : Pembacaan SK DPK PTHKTI Situbondo oleh Umiyati, ketua OKK PTHKTI Jatim

Wawancara dengan Ketua DPP PTHKTI Jatim, Lia Istifhama

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait