Periksa CDP, Luhut Geber Dwelling Time

  • Whatsapp
Menko Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan, berkunjung ke Cikarang Dry Port (CDP)

CIKARANG, beritalima.com –

MENKO Kemaritiman Luhut Pandjaitan (LBP) menyayangkan kapasitas yang digunakan saat ini masih jauh di bawah kemampuan Cikarang Dry Port (CDP).

Bacaan Lainnya

Kepada pucuk pimpinan CDP, Menko Luhut meminta agar mereka segera mengindentifikasi permasalahan yang selama ini menghambat mereka untuk bisa menambah kapasitas, dan Menteri Luhut akan membahasnya dengan kementerian terkait.

“Persoalan yang terlihat saat ini seperti regulasi, langsir kereta, tata ruang,dan perpanjangan rel kereta dan lain-lain akan kami bicarakan. Anda yang berada di lapangan dan regulator yang di atas, kita harus berdialog. Kita bisa menjalankan kebijakan untuk mengoptimalkan dry port selama satu tahun,” kata Luhut kepada pihak CDP, saat berkunjung ke CDP, Rabu (21/09/2016).

Melalui keterangan tertulis yang diterima beritalima.com dari Humas Kemenko Maritim, Rabu (21/09/2016), Luhut mengatakan Cikarang Dry Port harus menaikkan kapasitas daya tampungnya yang kini berada di kisaran 60,000-70,000 TEU’s (Twenty Foot Equivalent Unit) untuk bisa mengurai masalah bongkar muat pelabuhan dan bisa bersaing dengan pelabuhan-pelabuhan besar di regional maupun dunia.

“Target pertumbuhan ekonomi kita 6 – 7 %, yang akan membuat  pertumbuhan volume perdagangan kita semakin cepat, yang membutuhkan kapasitas  pelabuhan yang lebih besar lagi. Tanjung Priok yang saat ini memiliki kapasitas sekitar  3 juta TEU’s kita targetkan untuk dapat dinaikkan menjadi 16 juta TEU’s. Singapura sekarang kapasitasnya sekitar 32 juta,” ujar

Dalam pertemuan itu Menteri Luhut menyampaikan keinginannya agar CDP bisa mempersingkat waktu dwelling time menjadi dua hari dari saat ini yang masih sekitar tiga hari.

“Saya mendukung pengembangan dry port, termasuk menambah jumlah dry port yang ada, agar dwelling time dan biaya logistik dapat turun secara signifikan,” kata Menko Luhut.

Menurutnya, di pulau Jawa saja sekarang memerlukan sekitar lima dry port untuk menurunkan biaya logistik.

“Penurunan dwelling time akan menurunkan biaya logistik, yang pada akhirnya akan menigkatkan daya saing industri kita, baik di dalam maupun di luar negeri,” kata Menko Maritim

Reporter: Pahala Simanjuntak

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *