Peringatan Hardiknas, Walikota Madiun: Kita Siapkan Generasi Emas 2045 Melalui Program Laptop

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Walikota Madiun, Jawa Timur, H. Maidi, tidak hanya menyiapkan SDM yang berkualitas di masa sekarang. Namun, juga menyongsong Indonesia generasi emas di 2045.

Hal itu, terlihat dari kepedulian orang nomor satu di Kota Pendekar itu akan pelajar di era sekarang. Setidaknya, Pemerintah Kota Madiun memberikan total 14 ribu lebih laptop kepada pelajar SD dan SMP negeri. 9.400 di antaranya diberikan di 2023 ini.

‘’Ini sekaligus untuk menyiapkan generasi emas di 2045 mendatang. Anak-anak ini kan calon pemimpin di masa depan. Kita persiapkan mulai dari sekarang,’’ kata H. Maidi, usai Gebyar Laptop Chromebook Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Jalan Pahlawan, Selasa 2 Mei 2023.

Walikota berharap, melalui bekal fasilitas yang lengkap itu anak-anak semakin termudahkan dalam kegiatan belajar-mengajar. Apalagi, didukung dengan program internet gratis yang menyentuh 2.375 titik WiFi dan 474 WiFi Kota Pintar.

Tak heran, walikota menyebut anak-anak di Kota Madiun sudah tidak lagi membuka jendela dunia. Namun, sudah membuka pintu dunia.

‘’Perubahan terus terjadi. Anak-anak jangan sampai ketinggalan dan menjadi korban perubahan. Tetapi harus bisa mengikuti bahkan ikut merubah,’’ imbuhnya.

WaliKota menambahkan, setidaknya sudah memberikan 14 ribu lebih laptop kepada pelajar. Yakni, untuk pelajar kelas 4 sampai kelas 9. Sebanyak 9.400 unit di antaranya diberikan di 2023 ini dan tercatat dalam rekor MURI sebagai pemrakarsa dan penyelanggara pembagian laptop chromebook terbanyak. Itu melengkapi sejumlah rekor lain yang sudah pernah diukir Kota Madiun.

Tak hanya itu, ia juga mendapat penghargaan secara personal. Yakni, atas komitmen dan kepedulian dalam pengembangan bidang pendidikan di Kota Madiun tahun 2023.

Penghargaan diberikan oleh Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Piagam penghargaan diberikan Rektor Unesa Prof Nurhasan kepada Maidi. Dalam rangkaian peringatan Hardiknas tersebut memang juga mengemuka orasi pendidikan oleh Rektor Unesa tersebut.

‘’Pemimpin yang hebat juga harus bisa mencetak calon pemimpin yang hebat pula. Melalui dunia pendidikan ini kita ingin mencetak generasi hebat di masa depan. Nah, untuk mengoptimalkannya kita berikan fasilitas laptop ini. Kalau IT kita kuasai, maka dunia akan kita genggam,’’ pungkasnya. (Kmf).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait