Peringati Hari Bhakti Adhiyaksa 63, Kajari :Penegakan Hukum Tegas dan Humanis

  • Whatsapp
Kejari Bondowoso Puji Triasmoro bersama Bupati Salwa Arifin didampingi Sekda Bambang diacara peringatan hari bhakti adhyaksa ke 63. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Puncak peringatan hari bhakti Adhiyaksa ke 63 dan HUT ikatan Adhiyaksa Dharmakarini ke 60 menjadi momen memperkuat sinergitas antara yudikatif dan eksekutif di Bondowoso.

Hal itu terlihat dari komitmen ke dua belah pihak yang disampaikan, dalam memberantas korupsi di bumi Ki Ronggo. Sebagaimana, beberapa kasus yang telah dibongkar dalam beberapa bulan ini.

Sebut saja, kasus korupsi bantuan traktor dari Kementerian Pertanian anggaran tahun 2018. Kemudian, korupsi bantuan sosial KUBE (Kelompok Usaha Bersama) untuk pemulihan ekonomi yang membuat seorang kepala dinas menjadi tersangka.

Bupati Salwa Arifin, yang turut hadir dalam tasyakuran yang dilaksanakan di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri, pada Sabtu (22/7/2023).

Pihaknya berharap agar Kejaksaan terus memberikan penyuluhan hukum pencegahan korupsi. Tak hanya seperti yang dilakukan di Dinas Pendidikan, yang sudah berjalan dua tahun terakhir.

Namun, juga menyasar pada organisasi perangkat daerah (OPD) yang memiliki ‘anggaran’.

“Penyuluhan pencegahan korupsi tak hanya di pendidikan. Tapi juga yang lain, terutama OPD yang punya anggaran,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bondowoso, Puji Triasmoro, mengatakan, pihaknya selama ini telah melakukan upaya pendampingan dan penyuluhan hukum dalam pengadaan barang dan jasa sebagai upaya pencegahan tindak pidana korupsi. Mulai dari kepala sekolah dan bendahara sekolah.

Selanjutnya, pihaknya masih akan melakukan penerangan hukum di beberapa OPD yang memiliki pengadaan barang dan jasa. Sebut saja di Dinas Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa (DPMD), Dinas Binamarga, Sumberdaya Air dan Bina Konstruksi (BSBK), dan Dinas Kesehatan.

“Ini sebagaimana tema hari Adhiyaksa, yakni penegakan hukum yang tegas dan humanis mengawal pembangunan nasional,” jelasnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait