Peringati Hari Santri Nasional, SD Negeri Laok Jang Jang I Arjasa Gelar Istighosah

  • Whatsapp

SUMENEP, Beritalima.com|Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang ke 9 di SD Negeri Laok Jang Jang I kecamatan Arjasa Kabupaten Sumenep Madura diwarnai dengan kegiatan Istighosah dan doa bersama di halaman SDN Laok Jang Jang I, pada Senin 23 Oktober 2023

Berdasarkan pantauan responden Beritalima.com, acara dimulai sejak pukul 06.30 hingga pukul 07.30 wib. Walaupun sinar matahari sudah cukup terik, kegiatan yang diikuti oleh ratusan siswa siswi dan seluruh dewan guru SD Negeri Laok Jang Jang I tersebut berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Kepala sekolah SD Negeri Laok Jang Jang I, Abu Fahri,S.Pd,M.Si dalam sambutannya sebelum istighosah dimulai menyampaikan bahwa hari santri ditetapkan oleh presiden Joko Widodo pada tahun 2015 yang lalu.

“ Anak anak, tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional (HSN) oleh presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Kepres) Republik Indonesia Nomer 22 Tahun 2015 tentang Hari santri, jadi kita setiap tanggal 22 Oktober sebagai siswa, wajib memperingati hari santri ,” jelas Fahri.

Abu Fahri yang juga sebagai ketua PGRI Cabang Arjasa tersebut juga menjelaskan alasan mengapa pemerintah mengadakan hari santri.

“ Pemerintah menetapkan hari santri karena Ulama dan Santri sangat berjasa dalam perjuangan merebut serta mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, tidak sedikit Ulama dan santri yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan,” ungkapnya.

Usai sambutan kepala sekolah dilanjutkan dengan acara Istigosah yang dipimpin langsung oleh guru agama SD Negeri Laok Jang Jang I, Moh.Fadlul Basir,S.Ag.

“Bapak Ibu guru serta anak anak sekalian, marilah kita lakukan istighosah ini dengan khusyu’ dan penuh harap, agar do’a kita nanti langsung menembus langit dan diijabah oleh Allah SWT,” kata Fadlul.

Selain disediakan air mineral, usai istighosah siswa juga disuguhi hadiah langsung berupa uang saku bagi siswa yang berhasil menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan kepala sekolah.

Robin,salah satu siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dan dinyatakan benar langsung sujud syukur .

“Saya sangat senang sekali bisa mendapatkan hadiah langsung dari bapak kepala sekolah, makanya saya tadi langsung sujud syukur,” kata Robin[An/SaN)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait