Peringati HPSN 2019, Ribuan Orang Bersihkan Pantai Kilensari Panarukan

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 diperingati, Pemerintah Kabupaten Situbondo, bekerja sama dengan LPM Merak, Polres Situbondo, Kodim 0823, Dishub, Dinas Lingkungan Hidup,Yang melibatkan ribuan masyarakat desa Kilensari berasal dari pemeritah desa, penuda karang taruna dengan membersihkan sampah di sepanjang pinggir laut pantai Kilensari kecamatan panarukan. Kamis (21/02/2019).

Kegiatan Hari peduli sampah Nasional yang bertajuk “Keolla Sampah Untuk Hidup,Bersih,sehat dan Bernilai” diawali dengan Apel gabungan di tepi pantai yang dipimpin oleh Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono,SH,SIK,MH.

“Hari ini merupakan hari bersejarah bagi kabupaten Situbondo, dimana seleruh stakeholder bersama elemen masyarakat bersatu untuk Situbondo bersih dari sampah plastik, luar biasanya diikuti hingga 2.000 orang, dalam rangka mewujudkan Indonesia tahun 2020 bebas sampah Plastik,”Kata kapolres dalam sambutannya.

Kapolres juga menjelaskan jika sampah merupakan musuh bersama, apalagi indonesia secara internasional menempati negara ke empat sebagai negara tercemar sampah plastik, untuk kami menghimbau agar masyarakat lebih peduli dengan sampah.

“Kami mengajak seluruh masyarakat lebih bijak menyikapi sampah dimulai dari sekitar kita masing – masing, selain itu kita juga meminta masyarakat untuk ikut menjaga suasana kamtibmas mengingat Pemilu serentak sudah semakin dekat, mari kita jaga keamananan kedaimaian bersama,”Kata Kapolres yang berencana pada sore harinya akan melakukan pembersihan sampah plastik dalam laut, dengan ratusan penyelam.

Wakil Bupati Situbondo ir.H.Yoyok Mulyadi.M.Si juga menambahkan jika sejarah tentang sampah nasional dimulai dari Jawa Barat, maka dari itu Kabupaten Situbondo ikut andil memperingatinya,”Selain untuk memperingati kita juga pemerintah berjuang dengan berbagai program untuk memerangi sampah termasuk sampah laut, mengingat hal tersebut juga untuk mendukung destinasi wisata yang sedang gencar – gencarnya kami galakkan,”Tambah Wabup.

Dalam acara tersebut secara berasama – sama mengucapkan Deklarasi Peduli Sampah Nasional 2019 yang dipimpin oleh DANDIM Letkol inf. Akhmad Juni Toa.S.E.,M.I.Pol, berikut isi deklarasi :

kami warga warga Kabupaten Situbondo pada hari Kamis tanggal 21 Februari 2019 di pesisir kilensari Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo berkomitmen :
1. Bersedia melakukan perilaku hidup sehat untuk tidak membuang sampah sembarangan sehingga lingkungan menjadi bersih dan indah.
2. Kami bersedia mengelola sampah dengan sistem 3R ( reuse,reduce,recyle).
3.Kami bersedia mengawasi dan menjaga lingkungan yang bersih untuk pelestarian lingkungan hidup yang berkesinambungan.
4. kami bersedia dikenakan sanksi hukum yang berlaku apabila melanggar ketentuan peraturan daerah Kabupaten Situbondo.

Selanjutnya ribuan masyarakat turun kepinggir pantai memunguti sampah plastik yang menumpuk dipinggir pantai. pemerintah kabupaten situbondopun menyiapkan 1 alat berat dan truk sampah untuk mendukung acara Hari peduli sampah nasiinal 2019. [Joe]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *