Peringati HUT Ke-10, Askonas Optimistis Trend Jasa Konstruksi Triwulan I Tahun 2020 Naik

oleh -57 views

SURABAYA, beritalima.com | Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) menilai pasar jasa konstruksi di awal tahun ini sangat positif dan meningkat dibandingakn dengan bulan yang sama tahun sebelumnya. Hal tersebut juga diperkirakan berdampak pada peningkatan di triwulan pertama.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Askonas Rahmatullah, ditengah-tengah peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Askonas ke-10 di Surabaya, Kamis (14/2).

” Trend pasar jasa konstruksi diawal tahun 2020 sangat positif, hal tersebut dikarenakan peran pemerintah yang sudah memperbanyak pembangunan infrastruktur secara masif, diantaranya pembangunan jalan tol dan jalan raya, pembenahan sektor irigasi dan gedung hunian, sehingga semakin meningkatkan peran jasa konstruksi,”ujarnya.


Ia menambahkan usaha jasa konstruksi yang meningkat diawal tahun 2020 in juga dikarenakan pelayanan cepat pemerintah yang menerapkan online single submission dan peraturan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menerapkan klasifikasi proyek.

“Dalam peraturan Kemen PUPR, badan usaha kategori K itu bisa ambil pekerjaan dengan nilai sampai 10 Milyar, kemudian badan usaha menengah bisa ambail hingga sampai 100 milyar, kemudian juga sBUMN tidak boleh mengambil paket pekerjaan dibawah 100 Milyar,”tambahnya.

Sementara itu, peringatan HUT Askonas ke-10, di Fave Hotel Surabaya berlangsung sederhana dengan pemotongan tumpeng yang bersamaan dengan pembukaan Musyawarah Daerah (Musda).

Ketua DPD Askonas Jawa Timur “Supai M Nor mengaku sangat berbangga dengan kinerja dan keberhasilan Askonas selama 10 tahun. Ia berharap kinerja Askonas lebih meningkat lagi tahun depan.

Musda diikuti berbagai Asosiasi dibawah naungan Askonas, antara lain Gabungan Tenaga Teknik Indonesia (GATTINDO) Provinsi Jawa Timur,Himpunan Ahli Teknik Konstruksi Indonesia (HATSINDO) Provinsi Jawa Timur, Asosiasi Kontraktor dan Perusahaan Elektrikal Indonesia (ASKAPERIN) Provinsi Jawa Timur, Asosiasi Konsultan Indonesia (ASKONINDO) Provinsi Jawa Timur,Asosiasi Keselamatan Kesehatan Kerja Konstruksi dan Lingkungan (AK4L) Provinsi Jawa Timur, Asosiasi Himpunan Perusahaan Pengeboran Air Tanah dan Minyak Gas (HIMPPATAMIGAS) Provinsi Jawa Timur, Asosiasi Gabungan Aspal dan Beton Indonesia (GABI) Provinsi Jawa Timur dan Asosiasi Real Estate Nasional (REN) Provinsi Jawa Timur.(win)