Peringati HUT Kemerdekaan RIke 75, Rotary Adakan Pelatihan Memggambar

  • Whatsapp

Jombang, beritalima.com – Rotary adalah lenbaga independen yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat. Fokus pada bidang pendidikan dan kemanusiaan. Lembaga ini membantu kelompok masyarakat tidak mampu.

“Nanti akan kita diajukan ke luar negeri dan di survei langsung dari luar,” ujar Marlius yang sempat diminta keterangannya mengenai giat, maksud dan tujuan Rotari sekaligus memperingati HUT Kemerdekaan RI ke – 75.

Jombang menjadi sasaran agenda Rotary, pada Jum’at (21/8/2020) di Masjid Agung Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Sebelumnya di Surabaya pada 13 Agustus 2020, kemudian Sidoarjo pada 15 Agustua 2020, dan di Lombok 17 Agustus 2020. Semua kegiatan yang tersebar di empat wilayah tersebut, fokus pada Pelatihan Menggambar dan Mewarnai Kreatif.

“Melalui gambar dan cerita manga/komik denfan tema “People of Action/kebaikan”, tandasnya kepada beritalima.com

Diinginkan Malius, agar anak – anak yang mendapat pelatihan ini ke arah yang lebih baik. Namun diungkapkan pria asal Sumatera Barat tersebut, ia menyatakan bahwa Rotary yang ada di Jawa Timur itu masuk dalam Distrik 3420 untuk Indonesia wilayah timur yang meliputi Surabaya, Lombok, Makasar, Maluku dan Papua.

Ia pun menjelaskan bahwa kegiatan Rotary adalah lembaga independen yang siap membantu masyarakat yang membutuhkan sesuai bidangnya yang bergerak, baik pendidikan maupun kemanusiaan. 

“Bahkan batasan usia tidak dipersoalkan yang penting bagi orang – orang yang tidak mampu dalam hal keuangan,” terangnya. 

Sementara luasan Rotary yang tersebar ke seluruh dunia itu, tidak memandang etnis, RAS, suku, dan agama. Tingkat dunia bernama founder, di Indonesia yang diketua oleh Gubernur Distrik 3420, sedangkan club – club di daerah bernama presiden atau ketua club. Sedangkan H.  Marlius Barat Sultan Baginda Ali yang biasa disapa Marlius, memanage Rotary Club Surabaya – Darmo.

Ditegaskan Marlius, organisasi ini tidak berafiliasi dengan organisasi lain apalagi dengan organisasi politik. Namun seperti yang diungkapkan Marlius bahwa usulan masyarakat yang diajukan ke luar negeri tidak sembarangan melainkan disurvei oleh orang asing untuk melihat kebenaran. 

“Sebagian besar banyak yang berhasil, karena bantuan itu bisa ditangani Distrik 3420 sendiri maupun bisa ditangani langsung oleh pengurus pusat,” tandasnya. 

Lanjutnya lama bantuan tergantung yang menangani, kalk bantuan ditangani distrik paling lama tiga bulan, sedangkan bantuan langsung dari pengurus pusat sampai dengan memakan waktu yang cukup lama.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait