Perkemahan Sehat Era Pandemi, Gubernur Khofifah: Referensi Pramuka di Indonesia

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com I Perkemahan Sehat Era Pandemi (Persemi) merupakan sebuah terobosan yang akan menjadi referensi pramuka di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat menghadiri Persemi yang digelar oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka. Jawa Timur di City Forest and Farm, Sumbersari, Jember, Sabtu malam (27/3/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, referensi perkemahan pandemi dengan menjaga protokol dan tetap konsolidasi, pasti tidak mudah menemukan ruang seperti ini dan action plan yang terencana dan terukur.

“Persemi adalah sebuah terobosan yang diinisiasi Kwarda Jatim, yang akan menjadi referensi Pramuka di Indonesia,” sambutnya.

Khofifah menilai, Persemi menjadi terobosan dari Kwarda Pramuka, sesuai arahan Presiden Jokowi. Dimana saat ini harus melakukan inovasi dan langkah yang out of the box.

“Presiden terus mengulang pesan ini, agar kita mulai dengan perilaku yang normal, dengan banyak melakukan inovasi, smart shortcut. Harus cerdas, melakukan langkah cepat dan tepat,” tutur Khofifah.

Menurut Khofifah, Pramuka selama ini telah membuktikan darma baktinya dengan tidak pernah lelah melayani masyarakat.

“Setiap ada banjir, selalu ada Pramuka di sana. Begitu kuat dedikasi saat negara membutuhkan, Pramuka selalu hadir. Saya ingin hal itu akan terus dijaga, kapan dan dimanapun,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Pramuka Jatim, HM. Arum Sabil menyatakan kegiatan Persemi ini akan menjadi model dari kegiatan Pramuka selanjutnya di masa pandemi.

“Pesan ini sejalan pula dengan pesan Ketua Kwarnas, bahwa Pramuka harus terus berbakti kepada negeri tanpa henti,” tutur Arum.

Kondisi Pandemi yang masih berlangsung, menurut Arum menuntut semua pihak untuk cerdas menghadapi dan beradaptasi. Digelarnya Persemi dengan disiplin prokes, menurut Arum, juga untuk menjawab keresahan orang tua.

“Sering kami mendengar keresahan orang tua yang mengkhawatirkan tumbuh kembang anak. Diantaranya, terbentuknya karakter negatif yang berdampak pada kesehatan,” ujar Arum.

Senada dengan gubernur Khofifah, Arum juga berharap PersemiĀ  bisa bermanfaat dengan menjadi model interaksi dalam pendidikan sosial di era pandemi.

“Manusia tidak akan bisa hidup normal jika berpisah dari alam, karena manusia bagian dari alam. Ikhtiar adalah sebuah kewajiban,” pungkas Arum. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait