Perluas Pasar Indonesia Timur, Bhinneka Buka Toko di WTC 2 Surabaya

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Genap 26 tahun melayani Indonesia, pionir e-commerce Bhinneka kian memantapkan kehadirannya tak hanya online saja, tapi juga offline melalui strategi omni channel di bisnis retailnya. Secara resmi dibukalah Bhinneka Store di WTC 2 Surabaya, Jumat (15/2/2019).

“Ini merupakan langkah strategis untuk memperluas layanan dan jangkauan konsumen. Sebab, Bhinneka Store tak hanya melayani jual beli biasa, tapi sekaligus drop-off point untuk layanan purnajual,” kata Chief of Omni Channel Officer (COCO) Bhinneka, Vensia Tjhin, di sela seremoni grand opening Bhinneka Store Surabaya.

Dikemukakan, pertumbuhan revenue Bhinneka Store Surabaya meningkat lebih dari 60 persen dalam kurun dua tahun terakhir. Dan itu tidak hanya dari warga Surabaya, tapi juga antusiasme konsumen asal Sidoarjo, Gresik, bahkan sampai Batu.

Kategori produk yang paling dicari meliputi IT, laptop dan komputer, gadget, dan perangkat komputer. Ini menggambarkan preferensi dan selera belanja pelanggan Bhinneka di Surabaya dan sekitarnya.

Surabaya sendiri kota terbesar untuk pangsa pasar retail Bhinneka di area Indonesia Tengah dan Indonesia Timur dengan kontribusi 15 persen. Disusul Denpasar, Bali, dan Malang.

Produk yang paling dicari tetap didominasi kategori laptop dan gadget. Ini kembali membuktikan kakau Bhinneka telah dikenal sebagai ahlinya produk-produk 3Cs (Computer/IT, Communication Technology & Consumer Electronics).

“Strategi omni channel ini telah berhasil mengintegrasikan kanal penjualan dari online ke offline, serta menjangkau pasar yang lebih luas. Di mana karakter konsumen di kedua kanal ini berbeda,” kata Vensia.

“Kehadiran toko fisik Bhinneka ini menambah kepercayaan masyarakat. Salah satu contoh nyata, penjualan kami meningkat ke kawasan timur Indonesia di mana toko fisik kami belum hadir,” lanjutnya.

Dalam hal ini, pasar kawasan Indonesia Timur memang sangat menarik perhatian. Berdasarkan catatan Bhinneka, transaksi retail tunggal dengan nominal tertinggi sepanjang 2018 (cakupan area Maluku dan Papua) mencapai hingga Rp40 jutaan, yaitu produk server.

Disusul kemudian produk laptop premium dengan harga Rp22 jutaan. Trennya pun terus terlihat dalam dua tahun terakhir.

Selain retail, Bhinneka juga kokoh sebagai pemain e-commerce B2B, serta terdaftar di sebagai mitra LKPP untuk pengadaan pemerintah (B2G). Ada pula Bhinneka DPS yang melayani bisnis penyediaan digital printer skala besar. (Ganefo)

Teks Foto: Vensia Tjhin (6 dari kiri) di acara grand opening Bhinneka Store di WTC 2 Lantai 5 Surabaya, Jumat (15/2/2019).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *