Permudah Warga, Gus Ipin Launching ‘Cafe Layanan Publik’

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin atau yang lebih akrab disapa Gus Ipin terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Bupati muda tersebut, berupaya keras meluncurkan berbagai inovasi demi memudahkan pelayanan terhadap warganya. Satu diantara nya adalah, diintegrasikannya berbagai layanan kebutuhan publik dalam satu lokasi yakni Galeri Gemilang Trenggalek (lantai bawah DPMPTSP ( Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu)).

Kepada rekan wartawan usai seremoni launching Cafe Layanan Publik, Bupati Nur Arifin mengatakan jika dengan adanya inovasi ini diharapkan kedepannya masyarakat akan dipermudah lagi proses kepengurusan administrasinya.

“Alhamdulillah, saat ini cafe pelayanan publik pertama kita sudah dibuka dan ini akan mengintegrasikan semua layanan,” ungkap Gus Ipin, Selasa (8/6/2021).

Tidak hanya perijinan di Dinas PMPTSP, lanjutnya, namun berbagai hal yang menyangkut kepentingan publik lain juga dilayani. Termasuk pula, yang melibatkan jajaran samping atau lintas sektoral pun tersedia.

“Selain perijinan dilingkup pemerintah daerah, layanan lintas sektoral juga disediakan. Mulai yang dari Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Polres Trenggalek, bahkan kantor pelayanan Pajak Pratama, UPT dari Provinsi Jatim pun ada,” imbuhnya.

Selain itu, Gus Ipin menjelaskan, untuk mengakses layanan yang diperlukan sebenarnya masyarakat tidak harus datang ke cafe pelayanan publik ini. Karena sebenarnya cafe pelayanan publik ini hanya untuk membantu, barang siapa yang ada kesulitan dalam mencoba akses.

“Sebenarnya semua pelayanan sudah bisa dilakukan secara online, tinggal masuk ke http:\\www.cpp.trenggalekkab.go.id. Disana semua pelayanannya sudah ada dan tinggal diurus melalui online,” ujar Gus Ipin.

Sedangkan ketika merasa kesulitan dalam mendapatkan layanan tertentu, warga bisa memasukkan scan barcode untuk antrian. Jadi, “Ketika datang yang bersangkutan nanti sudah tahu estimasi waktunya, terus di scan barcodenya, terus masuk ke loketnya,” tandas bupati.

Satu hal, upaya Pemkab Trenggalek dalam meningkatkan pelayanan masyarakat ini mendapatkan apresiasi dari pemerintah Provinsi Jatim dan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA. Pejabat Kemenpan RB ini mendukung upaya Trenggalek dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat

“Saya berterima kasih kepada Kabupten Trenggalek yang berupaya memperbaiki pelayanan publik dengan melaunching cafe pelayanan publik,” ungkap Prof. Diah dalam peresmian Cafe Pelayanan Publik tersebut melalui jaringan virtual.

Menurutnya, ini merupakan upaya yang baik sekaligus bagian dari reformasi birokrasi. Dan diharapkan, kedepan akan mampu merubah wajah pelayanan publik di Trenggalek.

“Kami mengapresiasi upaya menyatukan cafe cafe layanan publik ini sehingga ada kemudahan akses masyarakat. Tapi jangan lupa, untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan maupun kualitas SDM pelayanan yang ada, sehingga kemudahannya bisa semakin terasa,” pungkasnya.(her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait