Pernyataan Sikap FORUM CINTA PANCASILA Terkait Bom di Katedral Makassar

  • Whatsapp

beritalima.com | Peristiwa bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar pada Minggu, (28/3/2021) menimbulkan rasa prihatin seluruh komponen anak bangsa. Sebab, kita sedang dalam situasi bencana Covid-19 yang masih melanda Tanah Air. Apalagi hari ini umat Kristiani sedang merayakan Minggu Palma. Peristiwa ini mencederai hati nurani seluruh anak bangsa yang yang selama ini sudah hidup rukun, damai, saling toleransi dan menghormati perbedaan satu dengan yang lain.

Peristiwa hari ini memberi sinyal bahwa jaringan dan sel-sel teroris masih berkeliaran di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini mengindikasikan bahwa pergerakan terorisme masih banyak terjadi.

Untuk itu, Forum Cinta Pancasila merasa terpanggil untuk menyampaikan pernyataan sikap, sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian terhadap keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Forum Cinta Pancasila adalah sebuah Forum gabungan Ormas Agama dan Kebangsaan yang konsen dalam bidang sosial politik dan Kebangsaan.

Berikut ini adalah Pernyataan Sikap Forum Cinta Pancasila:

1. Menyampaikan rasa prihatin atas terjadinya peristiwa ini. Juga mendoakan semua korban luka. Semoga segera diberi kesembuhan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

2. Mengutuk dan mengecam keras atas terjadinya peristiwa ini. Meminta pemerintah melalui pihak aparat TNI dan Polri untuk segera menindaklanjuti, menangkap dan mengungkapkan jaringan pelaku dan aktor intelektual dibalik peristiwa ini.

3. Meminta Pemerintah Pusat dan Sulawesi Selatan agar segera mengambil langkah-langkah strategis untuk tetap menjaga keamanan di Makassar dan wilayah NKRI.

4. Meminta seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk tidak terprovokasi atas terjadinya peristiwa ini. Tapi, tetap waspada dan tidak takut berlebihan. Kita percayakan kepada pemerintah untuk menyelesaikan peristiwa ini.

5. Meminta seluruh elemen bangsa Indonesia untuk tetap jaga keamana di wilayah masing-masing. Membantu pemerintah menjaga stabilitas keamanan nasional.

Demikian pernyataan sikap ini kami sampaikan. Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Jakarta, 28 Maret 2021

Hormat kami

FORUM CINTA PANCASILA

1. Vox Point Indonesia: Yohanes Handoyo Budhisedjati (Ketua Umum)

2. Asosiasi Pendeta Indonesia: Brigjend TNI (P) Pdt. Drs. Harsanto Adi, MM., M.Th (Ketua Umum)

3. Majelis Umat Kristen Indonesia: Djasarmen Purba, SH (Ketua Umum)

4. GERKINDO: Yerry Tawalujan, M.Th (Ketua Umum)

5. Perkumpulan SINAR PELITA NEGERI: Edward Simanungkalit (Ketua Umum)

6. Banteng Ketaton: Drs. B. Herru SR (Ketua Umum)

7. Kibar Indonesia: Hj. Suryani Andi (Ketua Umum)

8. Medal Wangi: Dr. Willy Artawinata (Ketua Umum)

9. Sahabat Indonesia: Ir. Laode Budi Utama (Ketua Umum)

10. Aliansi Kebangsaan Gotong Royong Indonesia: John Nainggolan (Ketua Umum)

11. Perkumpulan Cendekiawan Protestan Indonesia: Dr. Jerry Rumahlatu (Ketua Umum)

12. Laskar Mataram Guyub..Tedjo Baskoro ( Ketua Umum)

13. Cipta Cendekia Indonesia: Dedy Hidayat (Ketua Umum)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait